Ini Deretan Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Pria

Kesehatan157 views

Inionline.id – Perawatan kulit merupakan sebuah hal yang kerap kali dikesampingkan oleh pria. Berbeda dari wanita, pria biasanya hanya merawat kulit dengan sekadarnya saja.

Hal ini menyebabkan pria menjadi lebih rentan mengalami sejumlah masalah kulit. Padahal, kulit merupakan bagian tubuh yang paling besar dan berfungsi sebagai pelindung pertama tubuh dari segala macam gangguan eksternal.

Sejumlah masalah kulit lebih rentan dialami pria karena enggan merawat kulit. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah masalah kulit yang rentan dialami oleh pria.

Luka Cukuran

Kebiasaan mencukur jenggot dan kumis bisa membuat pria mengalami masalah kulit yang disebut dengan Pseudofolliculitis. Masalah kulit ini akan menimbulkan ruam yang menjengkelkan disertai dengan lecet.

Kulit Terbakar Sinar Matahari

Menurut penelitian dalam Journal of American Academy of Dermatology, sekitar 44 persen pria pernah mengalami kulit terbakar akibat sinar matahari. Selain membuat kulit jadi gosong, paparan sinar matahari ini bisa meningkatkan risiko untuk terkena kanker kulit. Agar terhindar dari bahaya ini, lebih baik selalu oleskan krim tabir surya setiap kali beraktivitas di luar ruangan.

Jerawat

Produksi hormon testosteron menyebabkan terjadinya peningkatan sekresi minyak di seluruh tubuh, begitu pula dengan kulit. Pria memiliki pori-pori yang lebih besar dari wanita, oleh karena itu, kulit pria pun akan lebih mudah untuk berjerawat.

Rosacea

Rosacea merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh pria. Menurut penelitian, Rosacea dapat muncul di dagu, pipi, dan dahi pria.

Jamur Kulit

Keringat dan bakteri yang bercampur sangat mungkin membuat pria mengalami jamur kulit. Selain kaki, jamur juga bisa muncul di area yang gelap dan lembap seperti pangkal paha. Penyakit ini mungkin tidak membahayakan namun bisa menyebar terutama jika memiliki kebiasaan untuk bertukar handuk atau pakaian yang terkontaminasi jamur.

Deretan masalah kulit tersebut rentan dialami oleh rentan dialami oleh pria. Menjaga kesehatan kulit dengan seksama perlu dilakukan oleh pria untuk mencegah munculnya masalah yang lebih parah.