by

Masjid Kembali Dibuka Turki Longgarkan Lockdown

Inionline.id – Masjid di Turki kembali di buka pada Jum’at waktu setempat. Pembukaan itu dilakukan setelah dua bulan Turki melakukan pembatasan untuk mengurangi penyebaran virus Corona.

Dilansir AFP, Sabtu (30/5/2020), Turki mulai bergerak ke arah tatanan hidup baru atau new normal. Hal itu dibuktikan dengan melonggarkan lockdown dan mulai membuka pusat perbelanjaan, tempat cukur rambut dan salon.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan restoran dan kafe akan mulai buka pada Senin (1/6) mendatang. Begitu pula dengan perpustakaan, taman dan pantai.

Ratusan jamaah yang mengenakan masker tampak melakukan salat di luar Masjid Biru Istanbul. Ibadah tersebut adalah pertama kalinya dilakukan sejak Turki melakukan lockdown pada Maret lalu.

Di masjid Fatih, para jamaah salat di dalam dan di luar. Pemerintah setempat membagikan disinfektan dan sajadah sekali pakai.

Gulcek Uyanik (55) salah seorang jamaah mengungkapkan rasa terimakasih karena kembali dapat melaksanakan salat berjamaah.

“Saya telah menunggu untuk melakukan ibadah ini, saya telah banyak berdoa. Saya merasa seperti lahir kembali terima kasih Tuhan, Dia telah membawa kami kembali ke sini,” kata Uyanik.

Seorang jamaah lainnya, Asum Tekif (50) mengatakan “Sudah lama, sudah dua bulan, kami merindukan masjid,” katanya.

Turki sejauh ini mencatat 4.461 kematian akibat virus Corona dari 161.000 kasus positif.