BAKTI SOSIAL RS EMC SENTUL,GElAR OPERASI HERNIA DAN BIBIR SUMBING

Kesehatan657 views

Inionline.id – Babakan madang.RS EMC Sentul bekerjasama dengan Alfa Omega Peduli dan Smile Train menggelar bakti sosial Operasi Hernia dan Operasi Bibir Sumbing secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu. Ada sekitar 61 pasien yang akan dioperasi dikegiatan sosial tersebut.

Direktur RS EMC Sentul dr. Hardjanto, Sp.B, MARS mengatakan Kegiatan bakti sosial ini akan dilakukan selama 2 hari dengan pembagian di hari Sabtu 06 Juli 2019 akan dilakukan operasi hernia sebanyak 35 pasien dan di hari kedua Minggu 07 Juli 2019 akan dilakukan lanjutan operasi hernia dan operasi bibir sumbing sebanyak 26 pasien.

Kegiatan ini rutin selalu dilaksanakan dalam setahun 3 – 4 kali pelaksanaan yang diselenggarakan oleh RS EMC Sentul, kami berharap berbagi kebahagiaan ini dapat berguna bagi masyarakat yang mengalami hernia dan kelainan bibir sumbing.

“Semoga dengan telah dioperasi saudara-saudara kita dapat hidup lebih nyaman dan tersenyum bahagia. Selain Hernia dan Bibir Sumbing pada tahun sebelumnya RS EMC Sentul melakukan bakti sosial operasi katarak. jelasnya (6/5/19).

Sementara ketua bakti sosial RS EMC Sentul dr. Rizki Ramadhana, Sp.AN. menerangkan bahwa “Hernia, atau yang lebih dikenal dengan istilah turun berok, adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Penderita hernia kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak. Sedangkan Bibir Sumbing merupakan cacat akibat kelainan deformitas kongenital yang disebabkan kelainan perkembangan wajah selama gestasi. Sumbing dapat terjadi pada bibir, langit-langit mulut (palatum), ataupun pada keduanya. Sumbing pada bibir disebut cheiloschisis sedangkan sumbing pada langit-langit mulut disebut palatoschisis. Penanganan sumbing adalah dengan cara operasi.

Para pasien hernia dan bibir sumbing dijaring oleh Alfa Omega Peduli yang berasal dari masyarakat kurang mampu, Pesien yang mengalami Hernia dan Bibir Sumbing melakukan screening terlebih dahulu untuk menentukan apakah dapat dilakukan tindakan operasi Hernia dan Bibir Sumbing .

Syarat menjadi peserta program ini antara lain adalah penderita berusia minimal 3 bulan dan dalam kondisi sehat. Peserta melakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter spesialis anak, pemeriksaan laboratorium dan radiologi dan menyerahkan Foto copy KTP, KK dan surat keterangan keluarga tidak mampu. Pungkasnya.

Untuk diketahui RS EMC Sentul merupakan unit usaha dari EMTEK Group. Dahulu dengan nama RS Pertamedika Sentul City yang didirikan pada tahun 2011 dan pada tahun 2017 berganti nama menjadi RS EMC Sentul. Sedangkan Alfa Omega Peduli adalah
Yayasan Karya Alpha Omega yang berdiri tanggal 11 Januari 2010 adalah sebuah yayasan sosial-kemanusiaan, yang secara khusus memperhatikan dan menolong masyarakat prasejahtera, melalui pelayanan kesehatan, pendidikan dan tanggap bencana. (Tri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *