Mahasiswi Surabaya Ciptakan Alat Pendeteksi Kantuk Untuk Siswa di Kelas

Iptek, Pendidikan157 views

Inionline.Id – Mengantuk saat jam pelajaran berlangsung di kelas membuat siswa tidak benar-benar fokus. Maka dari itu, Elis Fitrianingsih, Mahasiswi Sekolah Tinggi Teknologi Surabaya (STTS) ini membuat alat pendeteksi kantuk.

Tujuannya, siswa bisa fokus dan mendengarkan guru saat mengajar. ”Alat ini bisa mendeteksi siswa yang mengantuk dan membangunkannya ketika terdeteksi mengantuk”‘ kata Elis.

Elis menuturkan, alat ini bekerja dengan cara video yang merekam seseorang dimasukkan ke program yang telah dibuat. Lalu, diekstraksi frame hingga mendapatkan urutan gambar. Kemudian, program tersebut akan mendeteksi mata dan mulut gambar yang tertangkap kamera. ”Dari deteksi mata dan mulut itu diklasifikasikan orang tersebut mengantuk atau tidak” ujar Elis.

“Jika mulut menguap atau mata terpejam lebih dari lima detik, program akan membaca seseorang di dalam gambar itu mengantuk. Jika terdeteksi mengantuk, alarm yang dipasang dalam alat tersebut berbunyi” tambahnya.

Jika program itu diaplikasikan di kelas, lanjut dia, pihaknya akan menggunakan CCTV untuk menangkap gambar siswa. Dari CCTV tersebut akan diketahui wajah siswa yang sering menguap dan terpejam. Tanpa harus mendatangi siswa yang mengantuk, alarm di dalam kelas otomatis berbunyi. Alat ini pun sudah di desain secara khusus.

Elis berencana akan mengaplikasikan alat pendeteksi kantuk itu di sekolah tempatnya mengajar. Meski masih prototipe, uji coba akurasi program tersebut 80 persen sudah baik. ”Harapan saya program ini bisa jadi solusi untuk siswa mengantuk di kelas. Jadi, murid bisa konsentrasi di kelas tanpa harus keluar kelas untuk mencuci muka” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *