Apakah Cukup Aman untuk Berkumpul Lagi dengan Teman Usai Vaksinasi?

Kesehatan057 views

Inionline.id – Janji bertemu dengan teman setelah vaksin merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan pada saat ini. Dengan mulai dilakukannya vaksinasi bagi sejumlah masyarakat Indonesia, pertemuan dengan teman ini rasanya menjadi semakin dekat untuk terwujud.

Walau begitu, apakah benar-benar aman untuk bertemu dengan teman walau sudah sama-sama divaksinasi? Panduan terbaru dari The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatur sejumlah hal bagi mereka yang sudah mendapat vaksinasi.

Walau telah mendapat vaksin, namun Dr. Krystina Woods pakar epidemiologis dan pencegahan infeksi dari Mount Sinai West, New York City mengatakan bahwa sebaiknya tetap menggunakan masker ketika berada di dalam ruangan.

“Terdapat sejumlah imunitas yang mulai berkembang dua minggu setelah diberikan, namun sebaiknya pastikan untuk menunggu empat minggu ketika sudah benar-benar terlindungi,” terang Woods.

Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Berkunjung

Walau CDC sudah mengungkap bahwa sudah aman untuk menemui di dalam ruangan tanpa masker untuk mereka yang sudah divaksinasi, namun tetap terdapat sejumlah hal untuk dipertimbangkan. Pertama adalah apakah teman yang kamu kunjungi memiliki penyakit bawaan yang bisa mengancammu.

“Jika kondisinya seperti ini, sebaiknya kamu lebih berhati-hati,” terang Dr. Jill Foster, spesialis penyakit infeksi anak-anak di University of Minnesota Medical School.

“Namun jika kamu dan temanmu sama-sama sehat dan sudah divaksinasi serta kalian berkumpul di tempat dengan ventilasi cukup dalam waktu singkat untuk sekadar ngopi, maka kamu boleh mencopot maskermu,” sambungnya.

CDC mengatakan bahwa cukup aman bagi mereka yang sudah divaksinasi untuk mengunjungi orang yang belum divaksin. Mereka juga dibolehkan tidak memakai masker terutama ketika berada di lingkungan dengan risiko COVID-19 yang rendah.

Cara Bertemu yang Aman

Cara paling aman untuk bertemu teman yang belum menerima vaksinasi adalah dengan tetap memakai masker. Selain itu, usahakan tetap berada di luar ruangan.

“Sebaiknya lakukan sambil berjalan,” saran Foster.

Selain itu, juga jangan lengah dan menurunkan kewaspadaan walau telah divaksin. Pasalnya, mereka yang sudah mendapat vaksinasi juga tetap rentan terpapar COVID-19.