Klaten Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Pada 5 April

Pendidikan257 views

Inionline.id – Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berencana melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Pemkab pun mulai menyiapkan pelaksanaan PTM dengan melibatkan sejumlah SMP dan SMA.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan uji coba belajar tatap muka, mulai tanggal 5 April 2021,” kata Asisten I Setda Kabupaten Klaten Ronny Roekmito di Klaten, Kamis, 25 Maret 2021.

Ia mengatakan uji coba PTM akan dilakukan di empat sekolah, yaitu SMPN 2 Klaten, SMAN 3 Klaten, SMKN 3 Klaten, dan MAN 1 Klaten. Uji coba akan berlangsung pada 5-16 April 2021. Kebijakan ini belum akan diterapkan di jenjang SD dalam waktu dekat.

“Namun kami tetap terus melakukan persiapan, salah satunya pemberian vaksinasi kepada para guru. Dalam hal ini, seluruh guru yang akan dilibatkan dalam uji coba wajib mendapatkan vaksinasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi mengatakan skenario khusus juga telah disiapkan untuk pelaksanaan uji coba belajar tatap muka di empat sekolah tersebut.

Ia mengatakan penerapan uji coba belajar tatap muka di empat sekolah tersebut dilakukan berdasarkan penunjukan dari Pemprov Jateng. “Salah satu prosedurnya adalah termasuk mendapatkan izin dari orang tua siswa,” kata Jaka.

Menurut dia, untuk uji coba PTM di sekolah lain akan menunggu evaluasi dari pelaksanaan di empat sekolah tersebut. Dengan demikian, kata dia, sekolah-sekolah lain di luar empat sekolah tersebut masih akan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).