Ini 4 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami oleh Pria Seiring Bertambahnya Usia

Kesehatan157 views

Inionline.id – Bertambahnya usia pada pria bukan hanya berarti bertambahnya pengalaman dan kebijaksanaan yang dimiliki. Kondisi ini juga bakal meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan.

Seiring bertambahnya usia, beberapa penyakit bakal mulai datang ke tubuh terutama pada pria. Menurunnya kondisi tubuh pria ini dapat menyebabkan beberapa organ vital tidak berjalan sesuai fungsi awalnya sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Kondisi tubuh yang menurun ini menyebabkan beberapa pria lebih rentan dengan beberapa penyakit ketika usia semakin bertambah. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah penyakit yang mengancam pria kala usia sudah semakin senja.

1. Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular bisa lebih rentan menyerang pria dibanding wanita. Penyakit satu ini bakal lebih bahaya ketika kamu juga menderita diabetes sejak usia muda di bawah 40 tahun.

Berdasarkan pada studi yang pernah dilakukan, pria dengan diabetes mengalami peningkatan risiko infark miokard, stroke atau bahkan kematian dini. Ini terutama terjadi pada pria yang berusia 47-50 tahun. Bisa dikatakan ini menjadi salah satu alasan pria harus lebih baik dalam menjaga perubahan kadar gula darah.

2. Disfungsi Ereksi

Kesehatan reproduksi pria merupakan salah satu hal yang bakal mengalami penurunan ketika usia bertambah. Salah satu masalah yang sangat berat terjadi dengan organ reproduksi adalah berupa disfungsi ereksi.

Pria akan mengalami peningkatan risiko disfungsi ereksi ketika dia mengalami gangguan kesehatan lain. Misalnya seperti diabetes, kolesterol tinggi, atau hipertensi, terutama bagi mereka yang melebihi usia 40 tahun. Untuk mencegah terjadinya disfungsi ereksi sebaiknya kamu rajin mengonsumsi umbi bit dan sayuran lainnya yang membantu melawan libido rendah.

3. Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang pria berusia lanjut. Tak hanya kanker, berbagai keluhan terkait dengan prostat akan membuatmu membutuhkan spesialis andrologi.

Berdasarkan pada hasil studi yang pernah dilakukan, pria yang berusia 39 tahun atau lebih muda berisiko mengembangkan kanker prostat hingga 0.005 persen. Sedangkan risiko tersebut meningkat sebesar 2,2 persen pada pria yang berusia antara 40-59 tahun. Pada usia yang lebih tua (antara 60-79 tahun) risiko meningkat menjadi 13,7 persen.

4. Pola Kebotakan

Kerontokan rambut dan kebotakan merupakan salah satu hal yang rentan dialami pria ketika berusia tua. Hal ini bisa terjadi mulai usia yang cukup muda dan mengganggu penampilan.

Terdapat keterkaitan yang erat antara pola kebotakan pada laki-laki dengan kanker prostat. Jadi, jika kamu mengalami pola kebotakan yang tak wajar, segera konsultasikan ke dokter.

Semakin bertambahnya usia bisa meningkatkan risiko terjadinya sejumlah masalah kesehatan tersebut. Menjaga gaya hidup baik olahraga dan pola makan sejak muda bisa membuatmu terhindar dari berbagai masalah tersebut.