UI PEDULI AKSI PENGABDIAN MASYARAKAT, GALAKAN MINAT BACA ANAK DI KAWASAN RAWAN KEBAKARAN

JAKARTA, IniOnline.id – Universitas Indonesia Peduli Aksi, kembali mengadakan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan minat baca di wilayah rawan kebakaran. Kegiatan berlangsung di wilayah Senen Kelurahan Tanah Tinggi yang lokasinya berdekatan dengan Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI dan merupakan wilayah rawan kebakaran yang menjadi prioritas utama pada kegiatan UI Peduli Aksi tersebut.

Kegiatan dimotori oleh tim dosen dari SKSG UI yang berasal Program Studi Kajian Jepang, Program Studi Ketahanan Nasional, Kajian Timur Tengah dan Islam. Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan bantuan kepada anak-anak usia sekolah korban bencana kebakaran yang terjadi beberapa minggu yang lalu di wilayah tersebut.

“Dalam kegiatan ini, UI memberikan  e bantuan berupa paket, alat tulis dan perlengkapan sekolah yang diberikan kepada 65 siswa SD-SMP-SMA,” ungkap Muhamad Syauqilah salah satu dosen di SKSG UI dalam keterangan pers yang diterima awak media ini, Jum’at (14/7/2018).

Rangkaian UI Peduli Aksi berikutnya menggali lebih dalam minat baca anak-anak melalui lomba cerita kerentanan kebakaran di wilayahnya. Penggalian minat baca melalui perspektif anak-anak usia sekolah menjadi penting untuk masyarakat. Menurutnya, kegiatan UI Peduli Aksi pada bulan Juli-Agustus 2018 ini, juga menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang tokoh masyarakat, aparatur sipil dan ahli untuk meningkatkan minat baca anak usia sekolah.

“Kegiatan FGD bertujuan mengembangkan minat baca juga sekaligus edukasi pada tokoh dan aparatur sipil mengenai tumbuh kembang minat baca,” ungkapnya.

Kegiatan UI Peduli Aksi tersebut dilakukan RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) Pandawa dibuka oleh Lurah Tanah Tinggi Sutami SKM., MT. Syauqillah menambahkan, UI Peduli Aksi dan SKSG UI juga memberikan bantuan kepada RPTRA Pandawa berupa buku-buku mengenai pengetahuan/antisipasi kebakaran di wilayah tersebut dan mainan edukasi yang dapat digunakan anak-anak usia sekolah di lingkungan tersebut.

“motto kegiatan ini adalah Mari Kita Peduli, Mari Kita Aksi. Kegiatan UI Peduli Aksi Pengabdian Masyarakat ini juga digerakkan oleh beberapa dosen diantaranya Dr. Susi Ong, Dr. Dara Iskandar, Dr. Adis, Dr. Palupi Lindiasari dan didukung oleh Tim Mahasiswa Forum Mahasiswa SKSG UI.” Pungkasnya. (MUL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *