Usai Siksa Kubur Cetak 2 Juta Penonton, Joko Anwar: Di Luar Ekspektasi

Inionline.id – Siksa Kubur berhasil menembus angka 2 juta penonton dalam satu pekan penayangan. Film horor religi itu juga masih terus melesat dengan capaian 2.280.739 penonton per Jumat (19/4).

Capaian itu menjadi kejutan bagi Joko Anwar, sang sutradara. Ia mengaku tak mengira film terbarunya itu akan mendulang hingga 2 juta lebih penonton dalam waktu relatif singkat.

“Memang di awal kami mengira film ini akan ditonton orang, tetapi tidak sebanyak ini,” ujar Joko Anwar pada Jumat (19/4).

“Jadi, betul-betul ini di luar ekspektasi banget karena filmnya bukan sekadar hiburan tetapi juga bisa ditelisik lebih jauh dari itu,” lanjutnya.

Ia kemudian mengaku tak ingin mengemas Siksa Kubur dengan formula horor biasa. Hal itu mendorong dirinya tidak hanya mengandalkan jumpscare sepanjang cerita.

Joko Anwar mengungkapkan Siksa Kubur justru ditargetkan untuk menjadi film yang memantik diskusi.

Ia pun mengaku senang melihat reaksi penonton setelah Siksa Kubur tayang, termasuk dengan maraknya teori-teori di dalam cerita hingga easter egg yang ditemukan penggemar.

“Sebenarnya ini film yang kita targetkan untuk menjadi sebuah film yang memang enak untuk didiskusikan,” ujar Joko. “Artinya, filmnya bukan hanya sekadar film yang penuh dengan jump scare atau film horor biasa.”

“Dan ternyata penonton film Indonesia itu sudah cerdas-cerdas, sehingga mereka juga bisa menyambut film seperti Siksa Kubur. Jadi, senang banget kita,” lanjutnya.

Siksa Kubur menjadi proyek terbaru Joko Anwar yang telah menggarap sembilan film panjang sejak debut melalui Janji Joni (2005). Proyek ini juga akan menjadi karya horor terbaru Joko Anwar.

Ia sebelumnya telah merilis sejumlah film horor, seperti Pengabdi Setan (2017), Perempuan Tanah Jahanam (2019), hingga Pengabdi Setan 2: Communion (2022).

Siksa Kubur dibintangi aktor hit bertabur bintang lintas generasi. Faradina Mufti dan Reza Rahadian didapuk sebagai pemeran utama, bersama Muzakki Ramdhan, Widuri Puteri, Fachri Albar, dan Happy Salma.

Film itu juga dibintangi Arswendy Bening Swara, Slamet Rahardjo, Christine Hakim, Jajang C. Noer, Niniek L. Karim, hingga Djenar Maesa Ayu dan Putri Ayudya.

Siksa Kubur tayang di bioskop mulai 11 April 2024.