Untuk Pengungsi Gaza TNI Terjunkan 3,2 Ton Bantuan Makanan dan Obat

Headline, Nasional757 views

Inionline.id – Untuk pengungsi di Gaza, Palestina Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil menerjunkan 3,2 ton bantuan makanan dan obat pada Selasa (9/4).

“Kontingen Indonesia berjumlah 27 orang dipimpin oleh Kolonel Penerbang Noto telah berhasil melaksanakan air drop siang kemarin dengan Sandi Solidarity Path Operation,” ujar Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Wisma A. Yani, Jakarta Pusat, Rabu (10/4).

Agus menjelaskan paket bantuan tersebut diterjunkan dengan menggunakan pesawat Hercules C-130J. Bantuan terdiri dari 20 paket dengan masing-masing berbobot 160 kilogram.

“Paket bantuan yang diterjunkan menggunakan pesawat C-130 tipe J adalah sebanyak 20 paket jadi dengan berat masing-masing 160 kilogram,” tuturnya.

“Jadi total logistik yang berhasil sampai di drop zone Gaza adalah sebanyak 3.200 kilogram yang berisi makanan dan obat-obatan yang dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang ada di pengungsian,” imbuhnya.

Lebih lanjut, metode penerjunan yang dilakukan adalah low cost low altitude dengan ketinggian 2.000 kaki.

Kontingen yang mengirimkan bantuan ke Gaza saat ini tengah dalam perjalanan pulang ke Tanah Air. Mereka dijadwalkan untuk mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma pada Kamis (11/4) sore.