Soal Angkot Listrik Kota Bogor, Dewan Jabar Iwan Suryawan Minta Pemkot Bogor Punya Aturan Transisi yang Jelas

Antar Daerah1657 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kota Bogor, Iwan Suryawan angkat bicara soal angkot listrik yang sedang viral di Kota Bogor.

Politisi PKS ini memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Bogor atas terobosan yang dilakukannya kali ini.

“Namun saya meminta agar dibuat kebijakan dan peraturan yang jelas soal transformasi angkot di Kota Bogor ini, harapannya agar proses tersebut berjalan lancar,” ujarnya kepada awak media, Senin (08/04/2024).

Kebijakan tersebut diminta Iwan karena saat ini Kota Bogor masih terdapat angkot yang berbasis energi bensin dan gas, serta kendaraan umum lainnya.

“Angkutan-angkutan umum yang lama juga harus diperhatikan, sambil diberikan edukasi kepada mereka (angkot konvensional) bahwa kedepan akan ada proyeksi pengembangan,” tukasnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini juga menyebut bahwa angkot listrik lebih ramah lingkungan karena sangat minim emisi gas buang.

“Lingkungan akan lebih bersih, masyarakat bisa lebih nyaman, tinggal bagaimana ini diperkuat lagi dengan kemampuan keuangan daerah untuk menambah armadanya sambil merangkul angkutan yang lama juga bisa beralih ke tekhnologi listrik, itu juga harus diperhatikan,” imbuhnya.

Dari tingkat Provinsi Jawa Barat, semangat Pemerintah Kota Bogor dinilai sudah sejalan dengan provinsi karena konsep elektrifikasi dinilai lebih ramah lingkungan.

“Kami (DPRD Jabar) mendorong agar Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan dukungan kepada Pemerintah kota dan kabupaten yang mengadakan program elektrifikasi kendaraan umum ini,” pungkas Iwan.