Saat Libur Lebaran 6 April-15 April 2024 LRT Jabodebek Tetap Operasi

Ekonomi957 views

Inionline.id – Selama libur lebaran LRT Jabodebek tetap beroperasi, yakni pada 6 April 2024 hingga 15 April 2024.

“Meskipun terdapat perayaan Idulfitri, KAI akan tetap mempertahankan jadwal perjalanannya serta memastikan tetap beroperasi secara optimal dalam melayani pengguna LRT Jabodebek,” kata Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono dalam keterangan resmi, Kamis (4/4).

Akan tetapi, Mahendro menyebut operasional yang akan digunakan selama 10 hari libur lebaran itu mengacu pola weekend. Dengan kata lain, jumlah perjalanannya akan lebih sedikit dibandingkan hari kerja, yakni hanya 260 perjalanan per hari.

Sedangkan pada pola operasional normal ada 308 perjalanan LRT Jabodebek setiap harinya.

Mahendro mengatakan LRT mulai beroperasi pukul 5.25 WIB dengan keberangkatan pertama dari Stasiun Jatimulya, Bekasi ke Stasiun Dukuh Atas, Jakarta. Ia menyebut LRT Jabodebek siap melayani penumpang selama libur lebaran hingga 22.51 WIB.

Keberangkatan terakhir LRT Jabodebek selama periode lebaran adalah pukul 22.01 WIB. Operasional terakhir moda transportasi ini berangkat dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta menuju Stasiun Harjamukti, Depok.

“Naik LRT Jabodebek akan semakin semarak dengan adanya promo tarif LRT Jabodebek yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan pada saat weekend, yakni maksimal Rp10 ribu dan bersifat merata untuk sepanjang jam operasi,” jelasnya.

“KAI memahami pentingnya konektivitas, terutama selama Idulfitri sehingga kami berkomitmen untuk memfasilitasi pengalaman perjalanan yang aman dan andal untuk seluruh pengguna LRT Jabodebek. Sehingga memberikan pengalaman yang ceria dan menyenangkan pada musim libur kali ini,” tutup Mahendro.

Di lain sisi, PT Jasa Marga (Persero) memprediksi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) bakal ditinggal oleh 1,86 juta kendaraan selama masa mudik. Para pemudik akan mengosongkan Jakarta Cs via 4 gerbang utama, yaitu gerbang tol (GT) Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Ciawi, dan Cikupa.

Puncak mudik jalur darat dari Jabodetabek diprediksi terjadi pada 6 April 2024. Jasa Marga menyebut akan ada 259.087 kendaraan yang ramai-ramai keluar dari Jabodetabek menuju kampung halaman pada H-4 lebaran tersebut.

Jumlah kendaraan di jalan tol pada puncak arus mudik itu diklaim naik 0,03 persen dibandingkan lebaran tahun lalu. Bahkan, melesat 66,8 persen ketimbang periode normal.