Saat Lebaran Polda Metro Tilang 8.725 Pemudik Langgar Ganjil-Genap

Berita557 views

Inionline.id – Selama periode arus mudik dan balik Lebaran 2024 Polda Metro Jaya menyebut terdapat 8.725 kendaraan yang melanggar aturan Ganjil-Genap.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan penerapan tilang itu diberikan bagi pemudik yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek namun tidak sesuai tanggal Ganjil-Genap.

“Pelanggaran ganjil genap jumlah total 8.725,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (18/4).

Latif mengatakan seluruh pelanggaran tersebut tercatat otomatis melalui kamera electronic-traffic law enforcement (E-TLE). Rinciannya, kata dia, sebanyak 4.201 kendaraan melanggar Ganjil-Genap pada arus mudik dan sisanya 4.524 pada arus balik lebaran.

Lebih lanjut, Latif mengaku saat ini pihaknya juga sudah mulai mengirimkan surat konfirmasi bukti pelanggaran atau tilang kepada para pemudik tersebut.

“Surat konfirmasi langsung dikirim secara online, melalui SMS, WhatsApp, email. (pembayaran denda) bisa lewat e-Banking, bisa langsung,” ujarnya.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberlakukan kebijakan ganjil genap saat mudik Lebaran 2024 untuk mengurangi kepadatan kendaraan.

Kebijakan Ganjil-Genap tersebut dilakukan pada tanggal 5 sampai 9 April untuk arus mudik Lebaran. Sementara pada periode arus balik Lebaran diberlakukan pada 12 sampai 16 April.