Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, RI-China akan Segera Bentuk Tim Khusus

Headline, Nasional457 views

Inionline.id – Untuk membangun proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan RI dan China bakal segera membentuk tim khusus.

Hal tersebut Luhut ungkapkan usai Pertemuan ke-4 High Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) RI Republik Rakyat China (RRC) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pekan ini.

“Kereta api cepat Jakarta-Surabaya kami sepakat segara tim dibentuk,” ucap Luhut seperti dikutip dari akun Instagram resminya, @luhut.padjaitan, Minggu (21/4).

Menurutnya, proyek kereta cepat harus diteruskan ke Surabaya. Ia yakin proyek ini bakal berhasil layaknya Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Apalagi, kata Luhut, Kereta Cepat Jakarta-Bandung terus mengalami jumlah peningkatan penumpang sejak peluncurannya, sampai pada puncak arus mudik Lebaran lalu.

“Ini sekaligus menjadi bukti bahwa proyek ini selayaknya dapat dilanjutkan sampai ke Surabaya,” kata Luhut.

Dalam kesempatan lain, Luhut juga meminta China serius membantu Indonesia menggarap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Ia menyebut proyek kereta cepat adalah bagian dari sinergi Indonesia dan China.

Selain itu, proyek kereta cepat juga adalah bukti keberhasilan Global Maritime Fulcrum-Belt and Road Initiative alias GMF-BRI.

“Oleh karena itu, saya harap Pemerintah Tiongkok, China Development Bank (CDB), dan China Railway terus memberikan atensi prioritas dan dukungan finansial, serta pengalihan teknologi pengoperasian KCJB,” ucap Luhut dalam keterangan resmi, Jumat (19/4).

“Kami mengusulkan pembentukan joint task force untuk percepatan proyek (Kereta Cepat Jakarta-Surabaya),” tegasnya.