Di Sejumlah Daerah PKS-NasDem Sepakat Kerja Sama Pilkada 2024

Politik457 views

Inionline.id – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS dan NasDem sepakat bekerja sama di sejumlah daerah dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar pada November 2024. Hal ini dibahas Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat bertemu Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

“Saya kira tadi sudah banyak pembahasan yang memang kita ingin mengerucutkan di titik-titik tentu khususnya di pilkada. Kita juga menyepakati berapa daerah yang akan kita usung sama sama,” ucap Syaikhu dalam jumpa pers usai pertemuan di kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Namun, Syaikhu menyebut saat ini partai masih dalam penjajakan awal. Dia mengaku masih akan terus berkomunikasi dan meminta masukan, terutama dari Surya Paloh.

“Dan kaitan dengan kedepan akan seperti apa, masukan dari bang Surya Paloh sangat luar biasa dan itu akan menjadi masukan bagi kami karena itu yang akan memutus kan hal-hal strategis apakah akan mengambil koalisi atau oposisi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Paloh menuturkan hal serupa. Dia membenarkan telah menyepakati kerja sama dengan PKS di beberapa daerah, tapi belum menyebutkannya.

“Secara spontan saya mengatakan kami sudah menemukan beberapa wilayah, yang belum bisa saya sebutkan,” kata Paloh.

Di Pilpres 2024, NasDem bersama PKS dan PKB mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Pasangan ini kalah dari Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.