Catatan Jokowi soal Macet Mudik dan Balik Lebaran 2024 Dibeberkan Menhub

Ekonomi657 views

Inionline.id – Terkait pelaksanaan mudik lebaran 2024 Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi catatan khusus kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi mengatakan Presiden Jokowi menyoroti kemacetan yang masih cukup panjang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Menhub menyebut catatan tersebut bakal menjadi evaluasi untuk mudik tahun-tahun berikutnya.

“Presiden (Jokowi) menyampaikan evaluasinya, terutama terkait kemacetan yang terjadi di Merak dan beberapa ruas tol,” ungkap Budi dalam keterangan resmi, Rabu (17/4).

“Hal ini tentu saja menjadi bahan pembelajaran bagi kami (Kemenhub) untuk penyelenggaraan angkutan lebaran maupun natal dan tahun baru (nataru) ke depannya,” sambungnya.

Selain soal kemacetan di sejumlah titik, parameter yang menjadi evaluasi adalah jumlah kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan data Kemenhub pada 4 April 2024 sampai 16 April 2024, ada 8 persen kecelakaan alias turun dibandingkan 2023.

Meski begitu, Kemenhub menegaskan peristiwa kecelakaan yang menonjol pada periode mudik lebaran tahun ini bakal tetap menjadi catatan tersendiri. Budi Cs mengatakan ini harus bisa diperbaiki di masa mendatang.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden (Jokowi) atas kepercayaannya serta arahan-arahannya kepada kami sehingga dapat mengawal penyelenggaraan angkutan lebaran di tahun ini dengan baik,” tuturnya.

“Presiden juga mengapresiasi kerja keras yang dilakukan seluruh pihak terkait yang telah menyelenggarakan dan menyukseskan jalannya mudik dan balik lebaran,” imbuh Budi.

Secara umum, Kemenhub menilai pelaksanaan Angkutan Lebaran 2024 berjalan dengan baik. Perjalanan mudik dan balik pada tahun ini diklaim lancar, meski masih ada beberapa catatan untuk perbaikan.

Macet panjang di Merak yang disorot Jokowi terjadi pada arus mudik, setidaknya sejak Jumat (5/4) malam. Sejumlah pemudik yang membawa mobil harus antre berjam-jam untuk masuk kapal.