Adakah Biaya Pendidikan di Sekolah Kedinasan?

Pendidikan557 views

Inionline.id – Adakah biaya pendidikan di sekolah kedinasan ? Pertanyaan ini mungkin mengemuka bagi yang akan mendaftar Calon PNS melalui jalur sekolah kedinasan.

Tahun ini pemerintah membuka kuota 6.027 formasi sekolah kedinasan pada rekrutmen ASN 2024. Untuk itu para pelamar bisa mempersiapkan dokumen ppersyaratan sedini mungkin.

Seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan didesain oleh pemerintah untuk melahirkan calon-calon ASN berdedikasi, kompeten, dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan rakyat.

Seleksi sekolah kedinasan nantinya akan terpusat melalui sistem SSCASN BKN melalui laman sscasn.bkn.go.id yang berlaku untuk pendaftaran di semua sekolah kedinasan.

Biaya Pendidikan di Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan itu selayaknya perguruan tinggi yang menawarkan berbagai jurusan kuliah bagi lulusan sekolah menengah atas dan sederajat.

Namun bedanya, dengan sistem ikatan dinas para calon mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan tidak dibebankan biaya pendidikan atau biaya kuliah yang harus dibayarkan tiap semester.

Oleh karena lulusan sekolah kedinasan akan diangkat menjadi CPNS pula maka seluruh biaya penyelenggaraan pendidikan di sekolah kedinasan dibebankan kepada pemerintah melalui APBN. Ada pula biaya pendidikan yang dibebankan kepada pemerintah daerah seperti di PKN STAN jalur pembibitan.

Namun meski dibebaskan dari biaya kuliah, ada biaya non akademik yang mesti disiapkan. Misalnya saja di sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan yang biaya non akademiknya dibebankan kepada calon taruna sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi.

8 Instansi yang Akan Membuka Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024

1. Kementerian Hukum dan HAM

2. Kementerian Keuangan

3. Kementerian Perhubungan

4. Kementerian Dalam Negeri

5. Badan Intelijen Negara (BIN)

6. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

7. Badan Pusat Statistik (BPS)

8. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Demikian informasi mengenai biaya pendidikan sekolah kedinasan bagi Anda yang akan mengikuti rekrutmen ASN 2024. Semoga informasi ini bermanfaat.