Usai Pilpres 2024 Investasi IKN Bertambah Rp4,6 Triliun

Berita757 views

Inionline.id – Investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) baru bertambah sekitar Rp4,6 triliun meskipun Pilpres 2024 telah dilaksanakan dan Prabowo-Gibran hampir dipastikan menang satu putaran.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan dengan tambahan itu, total investasi masuk ke IKN saat ini sudah Rp49,6 triliun. Pada Desember 2023, total investasi di IKN sekitar Rp45 triliun.

“Sudah ada 5 kali groundbreaking dengan nilai mendekati Rp50 triliun, tepatnya Rp49,6 triliun,” kata Bambang di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/2).

Sementara itu dalam rapat yang digelar di Istana hari ini, Presiden Jokowi memberikan sejumlah arahan untuk percepatan investasi di IKN. Salah satunya soal penunjukan narahubung terkait investasi di IKN.

Jokowi ingin ada orang-orang yang ditunjuk untuk bisa dihubungi investor. Mereka akan menangani semua urusan hubungan investor dengan pejabat IKN.

“Jadi, apakah satu PIC untuk satu investor, apakah satu PIC untuk lima investor, atau satu PIC untuk sepuluh investor sehingga investor itu bisa komunikasi intens dengan pejabat IKN itu yang namanya PIC itu,” ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Arahan lainnya dari Jokowi adalah pengaturan lahan di IKN khusus untuk investor. Dia ingin Otorita IKN menetapkan harga lahan yang akan ditujukan untuk investasi.

“Jadi, tanahnya dijual, harganya ditetapkan oleh Otorita asal tidak melanggar aturan. Itu juga kalimatnya beliau, ‘Kerja cepat, tetapi tidak melanggar aturan,” ujar Basuki.