Untuk Ramadan 2024, Ungu Coba Konsep Baru Godok 2 Lagu Religi

Inionline.id – Band Ungu akan kembali mewarnai Ramadan dengan proyek religi mereka. Tahun ini, Ungu merilis proyek dengan konsep yang tak pernah mereka coba sebelumnya, yakni mengemas satu lirik yang sama menjadi dua lagu berbeda.

Dua lagu tersebut adalah Baik dan Burukmu yang telah dirilis pada 1 Maret, serta Tuhan yang Tahu yang baru akan dirilis pada Jumat (8/3) pukul 16.00 WIB bersama video musiknya.

“Konsepnya satu lirik yang sama dibikin jadi dua lagu berbeda karena notasi dan aransemennya berubah,” ungkap Enda saat konferensi pers di Jakarta pada Kamis (7/3).

Enda mengaku konsep tersebut muncul tidak sengaja saat dirinya dan Oncy kesulitan menemukan refrain untuk versi slow lagu tersebut. Mereka kemudian mempercepat tempo lagu itu dan mendapatkan reff yang dirasa pas.

“Tapi pas didengerin ke anak-anak, pada nanyain versi slow-nya, dan kebetulan ada Pasha yang ahli tata suara jadi ketemu juga reff untuk yang slow-nya,” jelas Enda.

Kedua versi kemudian disepakati untuk dirilis terpisah dan berbeda. Enda mengatakan bahwa tidak hanya aransemen dari yang berubah, tetapi penyajian dari Ungu pun dipastikan berbeda.

“Jadi bikin orang enggak sadar kalau itu liriknya sama, dan videonya juga sama dibikin nyambung,” timpal Makki pada saat menjelaskan konsep kedua lagu tersebut.

Konsep lirik sama di lagu yang berbeda ini diklaim Ungu baru pertama kali ada dan dilakukan. Namun, mereka menyatakan tidak keberatan jika konsep tersebut dijadikan referensi bagi orang lain.

Merilis lagu religi jelang Ramadan bak jadi tradisi bagi grup musik yang berdiri sejak 1996 ini. Untuk Ramadan 2024, kedua lagu yang mereka siapkan berangkat dari kondisi kekinian, yakni manusia dengan mudah menghakimi sesama.

“Itu yang menjadi dasar aku dan Oncy menulis Baik dan Burukmu,” ungkap Enda.

“Karena baik dan buruknya orang hanya kita dan Tuhan yang tahu, kita cuma lihat luarnya saja, cara berpakaiannya saja,” timpal Makki.

Dalam kesempatan itu, Ungu juga mengungkapkan proyek lain untuk Ramadan 2024. Band itu akan melakukan promosi sekaligus tur Ramadan. Namun, belum ada detail atau informasi lebih lanjut mengenai hal itu.

“Bakal promosi, dan tampil juga Ramadhan ini. Jadwal kami sampai malam takbiran kok,” ujar Pasha dalam acara tersebut.