Saat Libur Lebaran, Keterisian Hotel di Bali Diprediksi Capai 72 Persen

Ekonomi757 views

Inionline.id – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali memprediksi tingkat keterisian atau okupansi hotel mencapai 72 persen saat momen libur Lebaran 2024.

Wakil Ketua PHRI Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya mengatakan saat Lebaran diperkirakan akan ada penambahan penerbangan domestik di dalam negeri dan itu bisa menaikkan jumlah penumpang domestik sekian persen.

“Kalau melihat tingkat hunian saat ini kan hanya 62 persen rata-rata, alau Idulfitri nanti mudah-mudahan bisa mencapai 72 persen,” kata dia, di Denpasar, Bali, Jumat (22/3).

Ia menerangkan saat libur Lebaran, wisatawan domestik akan banyak menempati hotel-hotel di kawasan Bali selatan, yaitu di wilayah Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

Kemudian, wisatawan domestik diproyeksikan akan mulai berdatangan H-7 Lebaran dan puncaknya pada H-3 usai Lebaran dan akan lebih banyak datang ke Pulau Dewata.

“Mulai seminggu sebelum Lebaran mereka sudah berdatangan. Setelah itu H- 3 setelah Lebaran akan lebih ramai sekali,” imbuhnya.

PHRI memprediksi jumlah wisatawan domestik akan tembus 20 ribu per hari. Sementara, jumlah wisatawan mancanegara tak banyak terpengaruh Lebaran dan akan stabil antara 14 ribu hingga 15 ribu per hari.

“Kebanyakan wisatawan domestik (menginap) di daerah Bali Selatan dan momen lebaran diperkirakan 20 ribu per hari karena ada penerbangan extra flight,” ujarnya.