Pria, Berikut Ini Alasan Sabun Mandi Tak Boleh Digunakan untuk Cuci Muka

Kesehatan957 views

Inionline.id – Demi kepraktisan, pria kerap mencuci muka dengan sabun mandi. Ahli dermatologi tidak menyarankan kebiasaan ini dilanjutkan.

Sabun mandi didesain untuk membersihkan kulit badan. Namun sebagian pria juga menggunakan sabun badan untuk mencuci muka.

Kebanyakan sabun mandi mengandung bahan antibakteri atau surfaktan yang keras dan cenderung mengiritasi wajah.

“Beberapa sabun mandi dirancang untuk menghilangkan kotoran membandel, kotoran, dan minyak berlebih dan akibatnya bisa terlalu keras untuk wajah dan menyebabkan kemerahan, kekeringan dan iritasi,” jelas ahli dermatologi Marisa Garshick, mengutip dari Byrdie.

Meski demikian, banyak yang menganggap aturan ini hanya berlaku buat kulit wanita. Padahal kulit wajah pria juga bisa mengalami kekeringan jika terus terpapar sabun mandi.

Grooming expert Jonas Ohman menyebut kulit pria bisa kehilangan hidrasi karena penggunaan sabun mandi.

Sabun mandi akan mengikis minyak alami kulit dan mengganggu pH dan barrier kulit. Tanpa sadar, kulit semakin berminyak.

Ohman berkata kondisi ini bisa semakin buruk saat pria tidak menggunakan pelembap. Dalam sebuah tanya jawab dengan Business Insider, seorang pria berkata dirinya mencuci muka dengan sabun mandi dan jarang pakai pelembap.

“Salah satu alasan dia mengalami kulit berminyak kemungkinan besar karena dia tidak melembapkan,” katanya.

“Anda tidak memberikan hidrasi apa pun pada wajah Anda, kulit Anda akan mengelupas, ‘Astaga, saya harus mulai memproduksi minyak untuk mengimbangi kenyataan bahwa saya tidak mendapatkan apa-apa’.”