Liga Champions Musim Ini sudah Habis Semua Wakil Italia

Inionline.id – Habis sudah wakil Italia di Liga Champions musim ini. Tiga tim yang tersisa di babak 16 besar gagal mengunci tiket ke perempat final.

Musim ini, Italia diwakili Napoli, Lazio, Inter Milan yang merupakan finalis musim lalu, dan AC Milan. Dalam keberjalanannya, hanya tiga tim pertama yang melangkah ke fase gugur, sedangkan Rossoneri terdepak ke Liga Europa.

Baik Napoli, Lazio, dan Inter lolos ke 16 besar dengan status runner-up di grup masing-masing, sehingga mereka harus menjadi tuan rumah di leg pertama, lalu bertandang ke markas lawan di leg berikutnya.

Pada pertemuan pertama, semuanya tampak berjalan sukses. Napoli mampu menahan Barcelona 1-1, Lazio mengalahkan Bayern Munich 1-0, dan Inter membungkam Atletico Madrid juga dengan skor 1-0. Namun di leg kedua, semuanya berbalik merugikan mereka.

Hasil yang didapat di leg pertama tak cukup karena lawan mampu mengubah situasi di kandang sendiri. Bayern menghajar Lazio 3-0 di Munich untuk unggul agregat 3-1 lalu Napoli takluk 1-3 di Barcelona dan terdepak dengan agregat 2-4.

Inter yang menjadi harapan tersisa ternyata bernasib sama. Meski mampu mendesak Atletico hingga ke adu penalti usai bermain imbang 2-2 dalam dua leg, namun tiga penendang mereka gagal dan harus menelan pil pahit dengan kalah 2-3.

Dengan demikian, puasa gelar tim Italia di Liga Champions pun berlanjut. Sudah 14 musim berlalu sejak Inter Milan meraih gelar juara pada 2010 usai mengalahkan Bayern Munich 2-0. Setelahnya, tim negeri pizza sempat tiga kali ke final pada 2015, 2017, dan 2023, namun semuanya berujung kekalahan.

Selama 13 musim terakhir, wakil Spanyol mendominasi dengan meraih tujuh gelar via Real Madrid dan Barcelona, disusul Inggris dengan empat gelar lewat Chelsea, Liverpool, dan Manchester City, serta Jerman meraih dua gelar yang dimenangi Bayern.