Jelang Lebaran Tahun Ini, Presiden Jokowi Klaim Stok Beras Aman

Headline, Nasional1157 views

Inionline.id – Jelang Idulfitri 2024 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut stok bahan pokok dan pangan akan menjadi perhatian khusus pemerintah. Ia mengklaim stok beras pada Lebaran ini aman.

Hal itu menyikapi sejumlah bahan pokok seperti daging ayam dan telur yang naik belakangan di pasar.

“Ini mau Lebaran, sehingga persiapan-persiapan mengenai ketersediaan, utamanya bahan pokok itu menjadi sangat penting,” kata Jokowi di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/3).

Jokowi pun mengklaim tidak terjadi permasalahan dalam persediaan beras jelang Idulfitri tahun ini. Menurutnya, stok beras di sejumlah daerah terpantau aman.

Ia juga berharap panen raya yang kemungkinan April besok akan mampu memenuhi lumbung padi di sejumlah wilayah.

“Untuk beras, saya kira stoknya tidak ada masalah, dan bahan-bahan lainnya nanti secara detail saya lihat di lapangan,” imbuhnya.

Jokowi mengatakan harga beras juga sudah mulai mengalami penurunan setelah sempat mengalami kenaikan harga beberapa waktu terakhir.

Ia pun meminta agar masyarakat langsung memeriksa kondisi beras di sejumlah pasar induk seperti Cipinang, Johor, dan Karawang.

“Coba dicek semuanya, dicek langsung, jangan ditanyakan ke saya. Meskipun saya tahu setiap hari harga itu naik turunnya saya tahu, tapi tolong jangan terus ditanyakan ke saya, cek di lapangan sendiri, berbondong-bondong ke sana ya,” ujar Jokowi.

Harga beras membumbung tinggi jelang akhir masa pemerintahan Jokowi. Data Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, harga beras bahkan tembus Rp18 ribu per kg.

Pemicunya diduga berbagai faktor mulai dari fenomena El Nino hingga gelontoran bansos dari pemerintah. Fenomena El Nino membuat area sawah kekeringan, bahkan gagal panen.

Sementara untuk bansos, pemerintah menggelontorkan bansos 10 kg beras ke 21,35 juta rakyat miskin pada Maret 2024.