Harus Konsisten Ditingkatkan Kualitas Lingkungan Belajar PAUD

Pendidikan857 views

Inionline.id – Peningkatan kualitas lingkungan belajar pendidikan anak usia dini (PAUD) harus konsisten dilakukan.  Hal ini sebagai bagian dari pembangunan sumber daya manusia (SDM) nasional yang lebih baik.

“Upaya mempersiapkan SDM nasional sejak usia dini harus dengan langkah yang tepat, termasuk kualitas lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan generasi penerus bangsa,” kata Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 13 Maret 2024.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 5 Maret lalu meluncurkan Rapor Pendidikan 2024 di Jakarta. Peluncuran Rapor Pendidikan itu ditujukan untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia yang berkelanjutan.

Perkembangan terbaru Rapor Pendidikan 2024 menghadirkan pembaruan data tentang kualitas lingkungan belajar untuk satuan pendidikan di jenjang PAUD.  Secara umum Rapor Pendidikan merupakan laporan yang menampilkan kondisi satuan pendidikan berdasarkan data dari hasil asesmen dan survei-survei nasional yang melibatkan satuan pendidikan dan daerah.

Menurut Lestari, perhatian terhadap kualitas lingkungan belajar di jenjang PAUD harus menjadi kepedulian bersama para pemangku kepentingan.  Mengingat, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, tantangan bangsa di masa depan membutuhkan SDM nasional yang tangguh dan berdaya saing.

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR dari Dapil II Jawa Tengah itu berpendapat, penguatan sektor PAUD yang menjadi bagian dari proses pembangunan SDM nasional, merupakan langkah strategis yang harus direalisasikan.

Karena, tegas Rerie, Indonesia membutuhkan anak bangsa yang tangguh dan berdaya saing untuk memenangi setiap persaingan di berbagai bidang pada era globalisasi yang sarat dengan perubahan.