Di Korea Exhuma Jadi Film Kultus Pertama Tembus 10 Juta Penonton

Inionline.id – Exhuma kembali mencetak rekor box office. Film dibintangi Choi Min-sik, Kim Go-eun, Yoo Hae-jin, dan Lee Do-hyun tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari 10 juta penonton di Korea Selatan.

Angka tersebut didapatkan film garapan sutradara Jang Jae-hyun pada Minggu (24/3), atau dalam 32 hari penayangan sejak dirilis 22 Februari di sana.

Korea JoongAng Daily pada 24 Maret memberitakan bahwa angka tersebut menjadi film kultus pertama yang berhasil mendapatkan 10 juta penonton di Korea Selatan.

Secara keseluruhan, Exhuma menjadi film ke-32 yang berhasil tembus 10 juta penonton sepanjang sejarah box office Korea. Exhuma juga jadi film Korea ke-23 yang berhasil mendapatkan angka itu di box office lokal.

Exhuma merupakan film ketiga yang ditulis dan digarap Jang Jae-hyun setelah The Priests (2015) dan Svaha: The Sixth Finger (2019).

Tak hanya di Korea Selatan, film itu juga cetak rekor box office di Indonesia dengan menjadi film Korea pertama yang berhasil tembus lebih dari 2 juta penonton.

Berdasarkan data distributor, Feat Pictures, pada Minggu (24/3), Exhuma sudah mengumpulkan 2,1 juta penonton. Angka tersebut diumumkan kurang dari sebulan penayangan sejak dirilis 28 Februari di bioskop Indonesia.

Melihat capaian box office itu, sutradara Jang Jae-hyun sempat buka suara mengenai potensi mengembangkan sekuel Exhuma.

“Saya selalu membuka kemungkinan, tapi saya belum bisa memastikannya sekarang,” kata Jang Jae-hyun terkait Exhuma 2. “Kisahnya harus cukup bagus untuk dikerjakan, karena saya selalu mengutamakan kualitas daripada kesuksesan komersial.”

“Jika ada yang mau membawa empat aktor ini dalam serial drama nantinya, saya akan sangat bersyukur,” tuturnya seperti diberitakan Korea JoongAng Daily.

Exhuma mengisahkan insiden supranatural yang mendorong dua dukun piawai, Hwa-rim (Kim Go-eun) dan Bong-gil (Lee Do-hyun) untuk menjalani ritual demi mencegah teror berbahaya yang dialami sebuah keluarga.

Ketika diselidiki, peristiwa misterius itu berkaitan dengan ancaman roh nenek moyang jahat. Hwa-rim dan Bong-gil lantas meminta bantuan ahli feng shui Sang-deok (Choi Min-shi) bersama ahli gali kubur Yeong-geun (Yoo Hae-jin).

Mereka kemudian menggali kuburan nenek moyang kliennya di desa terpencil. Namun, kuburan itu ternyata terkutuk sehingga membangkitkan roh berbahaya yang mengancam nyawa.