Di Bulan Juli Jokowi Mulai Pindahkan PNS ke IKN

Berita857 views

Inionline.id – Presiden Jokowi menargetkan pemindahan aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dimulai Juli 2024.

Jokowi melakukan penutupan atap atau topping off hunian ASN, TNI, dan Polri di IKN. Dia berkata akan ada 47 tower hunian yang dibangun bertahap hingga akhir November 2024.

“Sehingga pergeseran ASN ke sini, hankam (aparat pertahanan dan keamanan) ke sini bisa dimulai Juli,” kata Jokowi di IKN, Jumat (1/3).

Jokowi mengatakan 12 tower akan rampung pada Juli. Lalu 21 tower menyusul di September dan 14 tower lainnya di November.

Dia meminta awak media massa bersabar saat membahas perpindahan ibu kota negara. Jokowi mengatakan pemindahan ibu kota adalah proses panjang yang harus dilakukan perlahan.

“Hari ini kita telah topping off untuk menunjukkan bahwa gedung itu sudah hampir jadi, sudah setengah jadi,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas mengatakan pemindahan ASN dari Jakarta ke IKN diundur.

Semula, abdi negara akan diboyong ke IKN pada Juli 2024. Namun, ia berkata jadwal mundur dua bulan karena hunian belum siap.

“Rencananya itu kan Juli. Kemudian, atas arahan dari Mensesneg yang terbaru, koordinasi dengan Kemenpan RB, Insya Allah nanti sebelum Oktober, kira-kira September,” ujar Anas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/2).

Jumlah ASN yang akan dipindahkan ke IKN mencapai 9.000 orang. Pemerintah juga sedang menyiapkan 225 ribu formasi khusus penempatan IKN dalam tes ASN tahun ini.