Wakil Ketua DPRD Jabar Berharap Partisipasi Pemilu Kaum Milenial Di Sumedang Meningkat

Antar Daerah1057 views

Kabupaten Sumedang, Inionline.id – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari berharap kaum milenial atau pemilih pemula di Kabupaten Sumedang dapat berpartisipasi pada Pemilu 2024 besok. Pasalnya, partisipasi generasi milenial tersebut akan meningkatkan jumlah pemilih.

Hal tersebut diungkapkan Ineu saat melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka Monitoring Pelaksanaan Persiapan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kantor Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Selasa, (13/2/24).

Ineu meninjau secara langsung seluruh persiapan yang sudah dilakukan oleh pihak Desa Mekargalih di kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

“Hari ini saya melihat secara langsung ke lapangan bagaimana persiapan TPS khususnya di wilayah Desa Mekargalih, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, kalau dari yang saya pantau hari ini dipimpin langsung oleh bapak Kepala Desa Mekargalih itu sudah menyiapkan dan mengecek secara langsung distribusi logistik yang akan diberikan nanti jam 4 sore ke setiap TPS,” ungkapnya.

“Tadi pun saya sudah melihat gudang logistik dari Desa Mekargalih sudah disiapkan untuk 21 TPS yang berada di wilayah Desa Mekargalih,” lanjut Ineu.

Selain itu, Ineu melakukan monitoring dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di wilayah Desa Mekargalih tersebut.

“Kami pun ditemani oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sumedang melihat secara langsung dua TPS yang besok akan digunakan pencoblosan oleh warga dan juga saya sudah bertemu dengan ketua KPPS Desa dan seluruhnya saat ini sedang mempersiapkan meja, kursi dan juga kelengkapan di TPS tersebut, pastinya nanti jam 4 sore itu mereka akan melakukan serah terima dan selanjutnya mereka akan menjaga seperti ruang pencoblosan dan kotak suara terutama antisipasi dari hujan dan bencana longsor sebagai antisipasi yang dilakukan,” tuturnya.

Selain itu, Ineu menghimbau para petugas TPS untuk mengambil langkah antisipasi untuk keamanan bilik suara, tempat pemungutan dan kertas suara dari bencana banjir dan juga longsor, mengingat saat ini sedang musim penghujan.

Harapan besar dilontarkan Ineu untuk Pesta Demokrasi yang akan dilaksanakan besok pada Rabu 14 Februari 2024 agar berjalan dengan baik dan lancar serta masyarakat juga dapat berpartisipasi secara penuh.

“Yang pasti kami berharap partisipasi pemilih di Pemilu 2024 ini di Jawa Barat bisa meningkat karena banyak masyarakat yang hadir, kalau dilihat saat ini banyak pemilih pemula ataupun kaum milenial ini kan cukup banyak di daerah sehingga kami berharap mereka berpartisipasi untuk meningkatkan jumlah pemilih di Kabupaten Sumedang,” tandasnya.

Hal senada dikatakan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang Periode 2023-2028, Ade Adrianta Sinulingga, pihaknya menyebutkan distribusi logistik telah diserahkan ke tiap-tiap desa dan kecamatan dan sudah mencapai 100 persen.

“Distribusi logistik ke Desa dan Kecamatan di Kabupaten Sumedang sudah 100% dan ke TPS saat ini sudah sekitar 10-20%,” katanya.

Ade berharap, para petugas PPS dan juga KPPS dapat melakukan koordinasi secara intensif guna menunjang persiapan yang matang.

“Sebisa mungkin para petugas di PPS dan juga KPPS itu bisa lebih terkoordinir lagi komunikasinya baik itu dengan pihak PKD ataupun dengan pihak PTPS karena memang teman-teman di PKD dan PTPS itu sampai saat ini banyak yang belum tahu terkait jadwal, timeline mereka melakukan persiapan, itu yang kurang terkoordinir, sehingga pengawasannya ujung-ujungnya jadi dadakan,” tutupnya.