PLN PEDULI BERSAMA YAYASAN AR-RASHEED INDONESIA, ADAKAN PELATIHAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN “NIB” UMKM DI KAB BOGOR

Antar Daerah1557 views

Inionline.id – Kamis, 8 Februari 2024 bertempat di KINASIH RESORT & CONFERENCE BOGOR Jl. Raya Sukabumi KM.17, Caringin Bogor, dilaksanakan kegiatan pelatihan “Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) UMKM”.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Yayasan Ar-Rasheed Indonesia sebagai pemrakarsa dan Bantuan TJSL PLN melalui “PLN PEDULI”

TJSL PLN melalui PLN Peduli memberikan bantuan sebesar Rp. 500 Juta untuk penyelenggaraan Pelatihan, penyerahan bantuan diwakili oleh PLN Gunung Putri dan diterima secara langsung oleh Ketua Yayasan Ar-Rasheed Indonesia Siti Rahmah Nur Fadhillah, S.Pd,M.Pd.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 8 s.d 9 Pebruari 2024 diikuti oleh kurang lebih 1.100 orang yang tergabung dalam UMKM di 5 Kecamatan di Kabupaten Bogor antara lain Kecamatan Cigombong, Tamansari, Megamendung, Cijeruk dan Ciawi.

Siti Rahmah Nur Fadillah selaku Ketua Yayasan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian PLN kepada UMKM di wilayah Kecamatan Bogor
“Kami atas nama UMKM, Peserta pelatihan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PLN yang sangat Peduli dan telah membantu terlaksananya pelatihan ini, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta pelatihan“ Ucap Rahmah.

Lebih lanjut Rahmah menjelaskan latar belakang diadakan pelatihan ini adalah bahwa masih banyak terdapat di wilayah Kab Bogor UMKM yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), sementara NIB UMKM sangatlah penting karena usaha yang dirintis akan memiliki legalitas dan memudahkan untuk mengakses hal-hal yang terkait di bidang administratif dan pendanaan. UMKM yang sudah memiliki NIB akan lebih mudah dalam pengurusan sertifikat Halal dan juga mendapat kemudahan dalam mendapatkan bantuan dana dari pemerintah ataupun perbankan. Keuntungan lain yang didapat bila telah memiliki NIB adalah kemudahan untuk bergabung dalam komunitas resmi NIB dimana anggotanya dapat berbagi ilmu dan pengalaman untuk peningkatan usaha UMKM. Selain pendampingan pembuatan NIB juga dilatih memasarkan produk secara digital dengan menggunakan media online.

Sementara itu General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia menyampaikan bahwa selain melayani masyarakat lewat penyediaan tenaga listrik, PLN juga berkomitmen untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui program TJSL. Program TJSL PLN difokuskan untuk pendidikan, pemberdayaan UMK dan keberlanjutan lingkungan.

Pada kesempatan terpisah Manager PLN Gunung Putri Alamsayah Anwar berharap semoga bantuan yang diberikan PLN melalui PLN Peduli kepada Yayasan Ar-Rasheed dapat dikelola dengan sebaik baiknya sehingga bermanfaat bagi UMKM dalam menjalankan usahanya guna peningkatan ekonomi masyarakat.