Untuk Caleg Gagal Pemilu, RS Dadi Makassar Siapkan Kamar Super VIP

Antar Daerah957 views

Inionline.id – Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Sulawesi Selatan di Makassar menyiapkan empat tipe kelas ruang perawatan untuk calon legislatif yang mengalami gangguan kejiwaan atau depresi akibat gagal terpilih di Pemilu 2024.

Koordinator Humas RSKD Dadi, Wawan Satriawan, mengatakan sudah disiapkan kamar perawatan mulai dari tipe kelas 1 hingga super VIP.

“Untuk kelas satunya, kita siapkan untuk 4 bed, untuk kelas 2 kita siapkan 12 bed dan kelas tiga 24 bed. Untuk VIP-nya kita siapkan 2 kamar dan super VIP-nya 2 kamar juga,” kata Wawan saat dikonfirmasi, Senin (12/2).

Menurutnya, kapasitas perawatan lebih dari seratus pasien. Rumah sakit menyesuaikan ketersediaan tempat tidur dengan pasien lainnya.

Wawan pun menjelaskan ada sekitar 14 spesialis psikiatri yang disiapkan di rumah sakit.

“Kita disiapkan juga tenaga profesional dari spesialis psikiatri, disini ada 14 tenaga profesional,” ucapnya.

Ia mengatakan proses perawatan dan penyembuhan bergantung pada kondisi masing-masing pasien.

Namun, kata dia, pasien depresi paling cepat bisa sembuh dalam dua minggu. Wawan mengatakan pembiayaan perawatan dibebankan kepada pasien.

“Masa penyembuhannya berbeda-beda tergantung di lihat kondisi pasiennya. Ada juga biasa dirawat dengan jangka waktu dua pekan, ada juga berbulan-bulan juga. Kalau tahun lalu paling lama dua pekan kita rawat atau sepekan lebih begitu,” jelasnya.

Adapun masa kampanye peserta Pemilu 2024 telah berakhir pada Sabtu (10/12). Kini, Pemilu 2024 memasuki masa tenang mulai 11 hingga 13 Februari 2024.

Kemudian, pemungutan suara akan digelar pada 14 Februari 2024. Nantinya, pemilih akan memberikan suaranya untuk presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD.