Timnas AMIN Buka Suara Perihal Viralnya Anies Bicara di Depan Lukisan Bung Hatta

Politik1357 views

Inionline.id – Soal viral video di media sosial yang memperlihatkan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan berbicara di depan lukisan proklamator Muhammad Hatta (Bung Hatta), Timnas AMIN buka suara.

Dalam video beredar, Anies yang menggunakan kaos putih dan peci terlihat berbicara di depan lukisan.

“Bung Hatta, hari ini kondisinya tidak sedang baik-baik saja. Hajat hidup orang banyak yang harusnya dikelola memanfaatkan sumber daya alam, hari ini dimanfaatkan oleh sebagian. Integritas yang Bung Hatta tunjukkan, hari ini menjadi barang mewah yang susah dicari,” kata Anies.

“Bung Hatta memberikan kita keteladanan, insya Allah menjadi inspirasi dan kami mendoakan Bung Hatta, dengan semua hibah waktu, energi, pikiran. Dan di sisi lain kita semua mendoakan diri kita semua untuk bisa mewujudkan apa yang dulu menjadi cita-cita pendiri bangsa,” imbuh dia.

Saat dikonfirmasi Juru bicara Timnas AMIN, Ramli Rahim mengatakan video itu diambil saat Anies mengunjungi rumah kelahiran Bung Hatta di Sumatera Barat pada 2 November 2023.

Ia membantah narasi beredar yang menyebut video diambil usai Anies kalah dalam Pilpres 2024.

“Itu video lama kok. Yang pasti, itu bukan frustasi, itu jauh sebelum pemilu. Itu fitnah keji terhadap Mas Anies,” ujar Ramli saat dihubungi, Minggu (25/2).

Di era saat ini, ia mengatakan semua orang bisa melakukan apa saja. Meski demikian, ia meminta masyarakat untuk menghindari penyebaran hoaks.

“Era kini era disrupsi, semua hal bisa dikerjakan dan dilakukan orang, kita pun rasanya sulit untuk melarang mereka. Jadi biarkan itu menjadi hak demokrasi meskipun tetap harus hati-hati dan sebaiknya masyarakat menghindari hoaks,” ujarnya.