Terperosok ke Sungai Truk Pengangkut 35 Kotak Suara di NTT

Antar Daerah1057 views

Inionline.id – Truk dump yang mengangkut 35 kotak suara terperosok ke dalam sungai di Desa Benulut, Batu Putih, Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (17/2) dini hari. Truk pun terguling hingga puluhan kotak suara Pemilu 2024 yang diangkut berserakan.

Kapolsek Amanuban Barat Iptu Jenedi Lian mengatakan kecelakaan tunggal itu terjadi Sabtu (17/2) dini hari. Ia menyebut puluhan kotak suara yang diangkut truk tersebut berasal dari tujuh tempat pemungutan suara (TPS) di desa setempat.

“Diduga sopirnya lalai. Truk tersebut hendak membawa kotak suara ke sekretaris Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Batu Putih,” kata Jenedi, mengutip Detik, Minggu (18/2).

Jenedi memastikan puluhan kotak suara yang diangkut dalam kondisi aman. Kendati begitu, ia mengakui lima dari 30 kotak suara mengalami kerusakan.

Jenedi sudah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) TTS untuk mengecek kondisi puluhan kotak suara tersebut. Setelah dicek, seluruh surat suara di dalam kotak tersebut masih utuh.

Hanya beberapa surat suara yang sampulnya robek.

“Memang ada kerusakan, tapi cuma di bagian sampulnya. Kondisi surat suaranya masih sangat utuh dan baik,” pungkasnya.