Sosialisasikan Perda Kesehatan di Tlajung Udik, Dewan Mochamad Ichsan Nilai Perlu Peningkatan Anggaran Bagi BPJS PBI Jabar

Antar Daerah2057 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor Mochamad Ichsan Maoluddin menggelar sosialisasi Peraturan daerah (Perda) Penyelenggaraan Kesehatan di Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Minggu (04/05/2024).

Menurutnya, kesehatan adalah bagian yang strategis bagaimana agar penduduk Jawa Barat khususnya di Kabupaten Bogor bisa aware terhadap kesehatan.

“Salah satunya memang dari Perda ini muncul upaya dari pemerintah untuk meningkatkan indeks kebahagiaan, indeks pembangunan manusia sebetulnya kesehatan juga beririsan dengan kesejahteraan bagaimana juga efek supaya sehat masyarakat teredukasi untuk mendapatkan porsi sehingga dia bisa memiliki pola hidup sehat,” ujar Mochamad Ichsan.

Point kedua menurut legislator PKS ini adalah pemerintah mempersiapkan sistem penanganan kesehatan dengan menekan angka-angka satu tingkat kematian ibu dan anak, kemudian stunting.

“Ada bunyi di Perda ini bagaimana agar pemerintah daerah bisa memfasilitasi Perda sebagaimana Perda kesehatan ini bisa sampai kepada masyarakat, seperti paud-paud, kemudian posyandu-posyandu itu memang punya  kesertaan di dalam menumbuhkan indeks kesehatan dan indeks kebahagiaan tadi,” tukasnya.

Beberapa aspirasi dari peserta Sosper ini adalah masalah jaminan BPJS kesehatan.

“Jadi memang karena tingkat ekonomi sekarang masih belum baik sehingga mungkin PBI ini perlu didorong di BPJS, penganggarannya ditambahkan sehingga mereka juga punya hak untuk dapat pelayanan kesehatan,” tandas Caleg DPRD Jabar nomor urut 4 ini.