Sampah Baliho Capres Menumpuk di Jalan DKI di Hari Pertama Masa Tenang

Antar Daerah557 views

Inionline.id – Pada hari pertama masa tenang Pemilu Serentak 2024 sampah baliho dan alat peraga kampanye (APK) calon presiden (capres) serta calon legislatif (caleg) tampak menumpuk di tepi sejumlah jalan Jakarta.

Menurut pantauan pada Minggu (11/2) pukul 07.40 WIB, sampah baliho dan APK tampak berserakan di tepi Jalan TB. Simatupang, Jalan Antasari, dan Jalan Fatmawati. Beberapa APK tampak turun dari posisinya semula ke trotoar jalan.

Sejumlah jalan utama di wilayah Jakarta Selatan ini tampak bersih dari APK dan baliho pemilu, meski ada beberapa APK, dalam hitungan jari, yang masih belum diturunkan.

Meskipun jalan utama di wilayah ini bersih, sejumlah APK dan baliho pemilu masih terpampang di kawasan pemukiman seperti Jalan Terogong Raya dan Jalan KH. Muhasim Raya.

Masa tenang Pemilu Serentak 2024 dimulai pada hari ini. Para peserta pemilu wajib menghentikan kegiatan kampanye hingga pemungutan suara digelar Rabu (14/2) mendatang.

Pada Sabtu (10/2), ribuan personel gabungan telah dikerahkan untuk menurunkan APK secara serentak menjelang masa tenang demi menjaga situasi kondusif pelaksanaan Pemilu 2024.

“Petugas gabungan mulai dari kami hingga dibantu Satpol PP sekitar 5.000 orang,” kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta Benny Sabdo di Jakarta, Sabtu (10/2).

Benny menjelaskan personel gabungan itu terdiri dari Bawaslu DKI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI, Satpol PP DKI, dan masing-masing kubu peserta pemilu untuk mendukung kegiatan tersebut.