Mahfud soal Parpol Lain bak Bebek, Cak Imin Buka Suara

Politik757 views

Inionline.id – Muhaimin Iskandar menegaskan seluruh pimpinan partai politik pengusungnya dan Anies Baswedan di Pilpres 2024 independen serta tidak dipengaruhi pihak manapun.

Hal ini ia sampaikan untuk menanggapi pernyataan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD yang mengatakan partai politik selain pengusung Ganjar-Mahfud layaknya bebek yang bisa dikendalikan.

“Alhamdulillah PKB independen, PKB mandiri, PKS independen, NasDem independen, memutuskan dengan keyakinan ideologinya,” kata Cak Imin saat ditemui di Ponpes Raudlatut Thalabah, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (6/2).

Ketua Umum PKB itu menegaskan keputusan politik partai pengusung AMIN diambil secara bersama-sama dan berdasarkan ideologi.

Ia menyebut PKB memutuskan masuk Koalisi Perubahan lantaran ada persamaan dalam nilai, ideologi, dan gagasan.

“PKB memutuskan bukan hanya kalkulasi politik tapi betul-betul keputusan bersama Anies itu berbasis ideologi nilai gagasan dan cita-cita PKB,” jelas Imin.

“Jadi tidak dipengaruhi oleh siapapun,” imbuhnya.

Sebelumnya, Mahfud menyebut pimpinan partai pengusung paslon lain seperti bebek yang dapat dikendalikan. Namun, dia tak menyebut pimpinan parpol yang dimaksud.

Mahfud mengklaim partai-partai pengusung Ganjar-Mahfud adalah kumpulan partai yang gagah.

“Tapi mari saudara lihat, partai yang bukan mengusung kami, bukankah pimpinan partainya juga sama seperi bebek-bebek dikendalikan, lho. Iya kan,” kata Mahfud dalam acara ‘Tabrak Prof’ di Koat Kopi, Depok, Sleman, Senin (5/2).

“Partai yang ngusung kami ini gagah, ayo calon presiden maju-maju, tapi yang lain seperti bebek dipegang lehernya. Iya nggak,” sambungnya.

Dia juga mengklaim dirinya bersama Ganjar adalah paslon yang bukan petugas partai melainkan petugas konstitusi.

Ia membantah julukan yang kerap disematkan kepadanya dan Ganjar sebagai paslon yang merupakan petugas partai.

“Saudara, tidak ada petugas partai, kami ini adalah petugas konstitusi yang diusung oleh partai. Itulah sebabnya kampanye-kampanye kami tidak terikat oleh arahan partai,” ujarnya.