Jaga Pemilu 2024 di Indonesia, TNI Terjunkan 446.219 Prajurit

Berita1157 views

Inionline.id – Sebanyak 446.219 personel TNI diterjunkan dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 di seluruh wilayah Indonesia.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meninjau langsung kesiapan pasukan yang akan bertugas pada apel gelar kesiapan pasukan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (1/2).

“Baru saja saya dan seluruh kepala staf angkatan mengecek kesiapan personel dan alat perlengkapannya dalam rangka menghadapi pengamanan pemilu,” kata Agus di lokasi.

Selain itu, Agus melalui sambungan konferensi video daring juga mengecek kesiapan ke sejumlah panglima kodam utama (pangkotama) di wilayah lain di Indonesia dalam perbantuan distribusi logistik pemilu.

“Kemarin ada masalah di Papua pada saat pendistribusian logistik pemilu terjadi longsor terjadi sehingga dibantu oleh pasukan TNI yang ada di sana, sehingga logistik pemilu bisa tiba di tempat dalam keadaan aman,” ujarnya.

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan yang bertindak sebagai sebagai pemimpin apel menekankan kepada jajaran agar tetap menjaga netralitas.

“Tetap memegang teguh netralitas jangan mudah terpengaruh dalam kepentingan politik praktis,” ucap Hasan.

Selain itu, ia juga meminta mereka untuk meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi perkembangan situasi nanti.

Hadir secara langsung pada apel tersebut adalah KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Kemudian, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto hingga Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin.

Pemungutan suara Pileg dan Pilpres 2024 akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. Pilpres kali ini diikuti tiga pasang calon.

Pertama adalah paslon nomor urut 1 eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-  Wakil Ketua DPR cum Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Selanjutnya Paslon nomor urut 2 Menteri Pertahanan cum Ketum Gerindra dan Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Dan, terakhir adalah paslon nomor urut 3 eks Gubernur Jateng cum politikus PDIP Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang pada Kamis ini mundur dari kursi Menko Polhukam.

Pada banyak kesempatan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memastikan jajarannya akan netral. TNI sendiri telah meneken deklarasi komitmen netralitas Pemilu serentak 2024 bersama dengan Polri.