Imbas Banjir Demak, Bawaslu Buka Opsi Relokasi hingga Pemilu Susulan

Berita657 views

Inionline.id – Imbas bencana banjir di Demak, Jawa Tengah Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) membuka sejumlah opsi relokasi tempat pemungutan suara (TPS) hingga pemilu susulan.

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa skenario terkait bencana yang ada dalam pelaksanaan pemilu di kawasan terdampak bencana, termasuk di Demak.

“Berkenan dengan bencana beberapa skenario sudah dalam diskusi teman-teman KPU ya. salah satunya tentu menjadi pengawasan Bawalsu, misalnya dalam perkara di Demak (banjir) teman-teman sudah melakukan berbagai upaya untuk memastikan bahwa pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan lancar,” kata dia di kantornya, Jakarta, Minggu (11/2).

“Tetapi memang situasi sulit, maka dilakukan pemilu susulan menjadi salah satu opsi, selain relokasi,” sambungnya.

Bencana banjir masih menggenangi kawasan Demak. Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyebutkan setidaknya 11.400 orang dari 71 ribu warga terdampak harus mengungsi akibat banjir di Kabupaten Demak dan Kudus.

“Saat ini, ada 11.400-an warga yang kami ungsikan, baik di Kabupaten Demak maupun Kudus,” katanya saat meninjau lokasi banjir di Jembatan Tanggulangin Kabupaten Kudus, Sabtu (10/2).

Ia menjelaskan banjir Demak disebabkan tanggul Sungai Wulan di perbatasan Kabupaten Demak dan Kudus jebol.

Total mereka yang terdampak banjir di Kabupaten Demak mencapai 18.700 keluarga atau 71.000 jiwa tersebar di 35 desa dan tujuh kecamatan. Sedangkan warga mengungsi 11.400 orang tersebar di 10 tempat di Demak dan lima tempat di Kudus.