Bey Machmudin Tinjau Pencoblosan ke Sejumlah TPS Kota Bandung

Antar Daerah957 views

KOTA BANDUNG, Inionline.id – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meninjau proses pemungutan suara Pemilu 2024 ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Bandung, Rabu (14/2/2024).

Selepas menggunakan hak pilihnya, Bey bersama jajaran Forkopimda Jabar langsung meninjau ke TPS lokasi khusus Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Bandung di Jalan Kebonwaru.

Bey datang untuk memastikan para penghuni rutan dapat menyuarakan hak pilihnya walaupun sedang menjalani hukuman. Hal ini tertuang dalam UU Nomor 23 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, bahwa narapidana memiliki hak-hak lain yang meliputi hak memilih, hak politik, dan hak keperdataan lainnya.

Di dalam area Rutan Kelas 1 Bandung Bey melihat proses pemungutan suara di TPS 9-1 dan 9-2. Tampak sejumlah narapidana tertib menggunakan hak pilihnya.

Lima jenis surat suara yang dicoblos yaitu capres-cawapres, caleg DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota, dan DPD RI. TPS 9-1 dan 9-2 pun cukup unik karena bernuansa warna pink dengan hiasan berbentuk hati.

Jumlah penghuni Rutan Kelas 1 Bandung saat ini yaitu 1.659 orang. Sedangkan total penghuni 33 Rutan dan lapas se-Jabar berjumlah 24.773 orang yang hari ini serentak melakukan pemungutan suara.

Setelah meninjau pemungutan suara di TPS lokasi khusus Rutan Kelas 1 Bandung, Bey kemudian meninjau pemungutan suara di TPS 09 dan 10 Jalan Cicendo, kemudian ke TPS lokasi khusus Rumah Sakit Santosa Kota Bandung.