Apakah Bisa Minyak Kayu Putih Bisa Diminum untuk Obat Batuk?

Kesehatan1657 views

Inionline.id – Banyak orang menggunakan minyak kayu putih untuk meredakan sakit tertentu, mulai dari sakit perut, kembung, hingga hidung tersumbat. Lantas, apakah minyak kayu putih bisa diminum untuk obat batuk?

Minyak eucalyptus atau yang lebih dikenal sebagai minyak kayu putih terbuat dari pohon kayu putih. Umumnya minyak kayu putih digunakan dengan cara dioleskan ke area tubuh yang terasa sakit.

Namun, ada pula yang beranggapan minum minyak kayu putih saat batuk bisa melegakan pernapasan. Hal ini lantas jadi pertanyaan banyak orang, benarkah demikian?

Melansir berbagai sumber, minyak kayu putih atau cajuput oil memang biasa digunakan sebagai obat luar untuk meredakan nyeri.

Hal ini terjadi karena kandungan senyawa cineole yang ada di dalam minyak bersifat iritan pada kulit dan memberi efek rasa hangat.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan khasiat minum air putih untuk obat meredakan batuk.

Manfaat minyak kayu putih

Terlepas dari apakah minyak kayu putih boleh diminum untuk obat batuk, berikut sejumlah manfaat minyak kayu putih melansir Healthline:

1. Meredakan batuk

Selama bertahun-tahun, minyak kayu putih telah digunakan untuk meredakan batuk. Namun, cara menggunakan minyak kayu putih untuk meredakan batuk bukanlah dengan langsung diminum.

Saat ini, beberapa obat batuk yang dijual bebas mengandung minyak kayu putih sebagai salah satu bahan aktifnya, misalnya balsem oles untuk melegakan pernapasan.

2. Mencegah infeksi

Minyak kayu putih juga dapat mengobati luka dan mencegah infeksi. Minyak kayu putih dapat digunakan pada kulit untuk melawan peradangan dan mempercepat penyembuhan.

Bahkan suku Aborigin Australia telah lama menggunakan daun kayu putih untuk mengobati luka. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda dapat membeli krim atau salep yang mengandung minyak kayu putih.

3. Meredakan nyeri sendi

Banyak salep dan krim yang dijual bebas untuk meredakan nyeri akibat osteoartitis dan rheumatoid arthritis mengandung minyak esensial ini. Minyak kayu putih membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan terkait dengan banyak kondisi.

Minyak esensial ini juga dapat membantu seseorang yang mengalami sakit punggung atau mereka yang baru pulih dari cedera sendi atau otot.

Efek samping minum minyak kayu putih

Lantas, apakah minyak kayu putih bisa diminum untuk obat batuk?

Menukil WebMD, minyak kayu putih memang aman untuk dioleskan ke bagian tubuh yang terasa nyeri. Namun, tidak disarankan penggunaan minyak kayu putih secara oral atau diminum.

Mengonsumsi hanya 3,5 ml atau kurang dari satu sendok teh minyak murni bisa berakibat fatal. Berikut efek samping minum kayu putih:

-Mual
-Muntah
-Diare
-Sakit perut
-Pusing
-Kelemahan otot
-Rasa tercekik
-Mengantuk
-Kejang
-Koma

Jadi, apakah minyak kayu putih bisa diminum untuk obat batuk? Jawabannya adalah tidak, karena tidak ada bukti penelitian ilmiahnya dan bisa menimbulkan efek samping yang serius.