Warga RI Sebentar Lagi Bisa Belanja di Korsel, Dubai, China Menggunakan QRIS

Ekonomi1357 views

Inionline.id – Untuk bisa menerapkan QRIS antarnegara Bank Indonesia (BI) tengah melakukan penjajakan kerja sama dengan Dubai, Korea Selatan, Jepang dan China. Artinya, sebentar lagi warga RI bisa belanja menggunakan rupiah di negara tersebut.

Begitu juga sebaliknya, jika kesepakatan terjadi, maka para pelancong dari negara tersebut bisa berbelanja di Indonesia menggunakan mata uang mereka masing-masing.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta mengatakan pihaknya telah melakukan tanda tangan MoU dengan Bank Sentral Uni Emirat Arab (UEA) untuk penggunaan QRIS antarnegara ini pada Desember 2023. Saat ini menunggu lanjutan dan finalisasi kerja sama.

“Di Desember lalu kita baru dengan UEA. Jadi teman-teman enggak bisa serta merta kita tanda tangan karena kita akan mulai MoU dulu, struktur bilateral cooperation tentang kebanksentralan, terkait moneter makroprudensial, baru MoU turunnya terkait Sistem Pembayaran yang ada QRIS crossborder,” ujar Filianingsih dalam konferensi pers, Rabu (17/1).

Selanjutnya, dengan Korea Selatan, Jepang dan China, penjajakan kerja sama QRIS antarnegara baru dilakukan di tahap pembicaraan awal. Masih ada proses yang harus dilakukan sampai pada saat implementasi nanti.

“Berikutnya dengan Korsel kita sudah ada pembicaraan. Pak gubernur baru saja bilateral meeting dengan bank sentralnya pihak Korea, dengan China juga sedang mendalami,” jelasnya.

Namun, ia berharap proses penjajakan dengan negara-negara tersebut bisa selesai secepatnya sehingga implementasinya bisa dilakukan di tahun ini juga.

“Mudah-mudahan 2024 ini bisa kita implementasi untuk hal-hal tersebut,” jelas Fili.

Saat ini, jajan dengan mata uang rupiah menggunakan QRIS sudah bisa dilakukan di Thailand, Malaysia, dan Singapura. Perjanjian dengan ketiga negara ini telah diimplementasikan pada 2023 lalu dan berjalan dengan baik.

“QRIS cross border yang sudah kita implementasi baru saja Singapura, perkembangannya bagus, baik Malaysia, Thailand meningkat terus cross border inbound maupun outbond-nya. Jadi artinya banyak turis Singapura ke Indonesia gunakan QRIS utamanya di Batam dan Bintan, Malaysia juga,” pungkasnya.