Universitas Indonesia Jajaki Kerja Sama Magang dengan Korea University

Pendidikan1557 views

Inionline.id – Universitas Indonesia (UI) terus memperbanyak mitra global, salah satunya dengan Korea University. Setelah sukses berkolaborasi dalam pertukaran pelajar, UI kembali menggandeng Korea University untuk kerja sama program internasional, riset, dan mobilitas pelajar.

“Kami percaya dan berharap bahwa pertemuan hari ini akan menjadi titik awal kolaborasi yang lebih kuat dan lebih luas antara kedua universitas,” ujar Sekretaris Universitas, Agustin Kusumayati, saat menyambut Vice President for International Affairs, Sang Kee Song, beserta delegasi melalui keterangan tertulis, Kamis, 18 Januari 2024.

Agustin menyampaikan beberapa gagasan kolaborasi yang lebih signifikan selain pertukaran pelajar. Seperti magang atau internship, program kerja sama dengan industri pada semua sektor untuk mendapatkan pekerjaan dan pengalaman di industri di Indonesia.

“Pada akhir program, pelajar harus menunjukkan perspektif dari pelajar Jepang dan dari pelajar Indonesia. Hal ini sangat menarik, karena mereka memiliki budaya yang berbeda, sehingga dapat merasakan langsung bagaimana budaya lokal di Indonesia,” beber Agustin.

Vice President for International Affairs, Sang Kee Song, menilai kerja sama program internship UI dan Korea University sangat baik. Selain belajar di kampus, mahasiswa juga magang bekerja.

“Mungkin kami bisa menggabungkan mobilitas pelajar dan program internasional melalui mitra industri Korea di Indonesia yang bekerja sama dengan UI. Sangat menarik untuk kita lebih memperluas kolaborasi ini,” kata Sang Kee Song.

Kerja sama antara dua perguruan tinggi ini diharapkan meluas hingga ke aspek lain di luar bidang akademik, seperti melibatkan industri dalam riset. Diskusi potensi kerja sama ini akan terus berlanjut berdasarkan komitmen dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada 2019.