Layanan Baca Meter Mandiri di PLN Mobile, Bantu Pelanggan Pantau Penggunaan Listrik

Berita1557 views

Inionline.id – PT PLN (Persero) memiliki layanan swacam atau catat meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile, untuk memudahkan pelanggan dalam memantau penggunaan listriknya. Layanan baca meter mandiri sudah bisa mengakomodir tarif blok, yaitu tarif yang diberikan pada batasan pemakaian tertentu. Layanan swacam PLN ini sangat membantu bagi pelanggan dengan posisi kWh meter berada di dalam rumah tinggal dengan pagar yang tinggi atau bagi pelanggan yang menginginkan privasi tanpa dikunjungi oleh petugas baca matar.

Tidak hanya itu, layanan yang tersaji di PLN Mobile ini, sudah mengikuti perhitungan yang didasarkan pada pada 40 jam nyala, baik tarif blok dan rekening minimum sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016. Dengan lapor mandiri, angka yang dicatat oleh pelanggan akan diproses dan diveriikasi oleh tim back office sebagai dasar tagihan listrik di bulan berikutnya.

Irwanto Wahyu Kusumo, Manager PLN UP3 Bogor mengatakan, layanan catat meter mandiri melalui PLN Mobile bisa menjadi salah satu solusi agar pelanggan bisa memperkirakan pemakaian listrik setiap bulan. Dengan begitu, pelanggan dapat mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan.

“Pencatatan meter mandiri dapat dilakukan antara tanggal 23 sampai dengan 27 setiap bulannya dan khusus untuk pelanggan pascabayar atau bayar bulanan. Sebanyak 15.927 pelanggan di PLN UP3 Bogor sudah memanfaatkan fitur ini. Penggunaannya mudah, pelanggan tidak akan kesulitan,” ujarnya.

Berikut cara membaca meter mandiri melalui swacam:

1. Buka aplikasi PLN Mobile
2. Pilih menu Catat Meter
3. Pilih Id Pelanggan
4. Foto angka stand meter yang ada di kWh meter
5. Masukkan angka stand meter, dan kirim.

Setelah melakukan hal di atas, maka estimasi biaya tagihan rekening listrik juga akan muncul. Kemudian, tagihan listrik akan keluar setiap awal bulan berikutnya. Pembayaran listriknya pun bisa dilakukan melalui Aplikasi PLN Mobile.

Irwanto berharap, pelanggan PLN yang belum memiliki aplikasi PLN Mobile dapat mengunduhnya di AppStore maupun PlayStore, karena segala informasi dan kebutuhan terkait kelistrikan bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

“Layanan yang tersedia di PLN Mobile seperti permohonan pasang baru, ubah daya, bayar tagihan, pengaduan, sampai baca meter mandiri bisa memudahkan pelanggan PLN karena tidak repot lagi untuk melakukan transaksi kelistrikan,” pungkasnya.

Di lokasi lain, Susiana Mutia, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat menyampaikan PLN akan terus memberikan kemudahan kepada pelanggan salah satunya melalui pemanfaatan aplikasi PLN Mobile ini. ia juga menyampaikan, pelanggan bisa segera menginfokan kondisi bahaya listrik melalui aplikasi PLN Mobile.

“Petugas kami siap sedia 24 jam untuk membantu kehandalan listrik masyarakat, sekaligus menjaga keamanan kelistrikan” tutup Susi.