ITB Buka Suara Perihal Viralnya Mahasiswa Bisa Bayar Kuliah Pakai Pinjol

Berita3657 views

Inionline.id – Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) mendapat sorotan di media sosial X lantaran menawarkan metode pembayaran kuliah dengan menggunakan platform pinjaman online (pinjol).

Sebuah akun @itbfess, mengunggah foto pamflet berisi informasi cicilan kuliah bulanan yang dikelola oleh pihak ketiga.

Pada pamflet itu terdapat informasi program cicilan enam bulan hingga 12 bulan. Proses pengajuan tanpa down payment (DP) dan tanpa jaminan apapun, layaknya aplikasi pinjol lainya.

Tertera nominal pengajuan biaya pendidikan sebesar Rp 12.500.000 dengan waktu 12 bulan. Nominal pengajuan biaya pendidikan tersebut dapat dicicil per bulan dengan biaya Rp 1.291.667. Terdiri dari rincian durasi pembayaran 12 bulan, biaya bulanan platform 1.75 persen dan biaya persetujuan 3.00 persen.

Kepala Humas ITB Naomi Haswanto membenarkan kampusnya menggunakan lembaga keuangan untuk membantu pembayaran kuliah bagi para mahasiswanya.

“ITB (seperti PTN/PTS lain) bekerja sama dengan lembaga non-bank,” katanya, saat dihubungi, Kamis (25/1).

Naomi berkata kerja sama itu dilakukan dengan menggunakan lembaga keuangan yang berizin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

“Sudah berizin OJK untuk tata cara pembayaran uang kuliah,” katanya.

Naomi mengatakan ITB bakal memberikan keterangan lebih lanjut terkait dengan program yang menjadi pembicaraan di media sosial ini.