Fokus Lawan Vietnam, Indonesia Harus Lupakan Polemik Gol Irak

Inionline.id – Timnas Indonesia merasa dirugikan dengan gol kedua Irak. Namun, kini skuad Garuda harus melupakannya dan fokus menatap laga melawan Vietnam.

Indonesia memulai perjalanan di Grup D Piala Asia 2023 dengan melawan Irak, Senin (15/1/2024) kemarin. Dalam duel di Ahmed bin Ali Stadium, Indonesia tumbang 1-3.

Ada kekecewaan besar dari Indonesia terkait gol kedua Irak yang dicetak Osama Rashid. Sebelum gol terjadi, ada kemelut yang bernuansa offside di kotak penalti Indonesia.

VAR sempat meninjau ulang, namun keputusannya memantapkan pengadil pertandingan untuk memberikan gol ke Irak. Manajer Timnas Indonesia lantas melayangkan surat protes ke AFC.

Shayne Pattynama merasa gol itu memang berbau offside. Di sisi lain, dia menekankan tak ada yang bisa diperbuat untuk mengubah hasil dan harus menjadikan hal itu sebagai pelajaran.

“Itu tidak menguntungkan kami. Kami tidak bisa berbuat apa-apa laga, jadi hanya perlu belajar dari kejadian tersebut,” kata Shayne di Lapangan Al Egla.

“Kami harus fokus pada pertandingan berikutnya dan berlatih keras. Semuanya sudah terjadi di pertandingan dan tak bisa berbuat apa-apa,” tegasnya.

Indonesia melawan Vietnam pada 19 Januari mendatang di Abdullah bin Khalifa Stadium. Kedua tim butuh kemenangan setelah sama-sama kalah pada laga pertama.