Dewan Erni Sugiyanti Sebut Pemekaran Bogor Barat dan Timur Jadi Salah 1 Kunci Kurangi Pengangguran di Kabupaten Bogor

Antar Daerah1357 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor Erni Sugiyanti mengatakan bahwa percepatan pemekaran Bogor Barat dan Bogor Timur bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bogor.

Hal ini diungkapkannya usai menerima informasi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat soal serapan tenaga kerja di Jawa Barat sebanyak 856,3 ribu tenaga kerja sejak 2018 hingga 2023.

“Kami menduga jumlah sebanyak itu adalah data dari Kabupaten Karawang dan sekitarnya karena memang di sana industrinya banyak dan maju,” ujarnya saat dihubungi awak media, Jum’at (12/01/2024).

Fakta sebaliknya, ketika dirinya menggelar reses atau meyerap aspirasi di Kabupaten Bogor masih banyak masyarakat yang mengeluhkan sulitnya mendapatkan pekerjaan.

“Saya yakin jika pemekaran Kabupaten Bogor Barat dan Bogor Timur segera diberlakukan maka angka pengangguran di Kabupaten Bogor bisa berkurang,” katanya.

Selain itu, politisi PKB ini juga menyebutkan bahwa moratorium di Pemerintah Pusat harus dicabut, baru pemekaran bisa dilakukan lalu menarik investor luar masuk ke daerah otonomi baru (DOB) tersebut.

“Selain SDM angkatan kerja yang berkualitas bagus, Pemerintah DOB baru juga harus menyiapkan fasilitas yang bagus seperti infrastruktur, transportasi dan pemukiman,” tukasnya.

Erni yang kembali maju ke DPRD Jawa Barat pada Pemilu 14 Februari nanti berharap Bogor Barat bisa fokus pada konsep pengembangan daerah agro bisnis, sedangkan Bogor Timur fokus pada dunia industri.