BMKG Melaporkan Gempa Bumi Magnitude 3,5 Guncang Barat Daya Sumur, Banten

Berita1157 views

Inionline.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa pada Rabu, 17 Januari 2024, pukul 10:18:50 WIB, terjadi gempa bumi di barat daya Sumur, Banten. Gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 3,5 dengan kedalaman 30 kilometer.

Pusat gempa berada di darat 72 kilometer barat daya Sumur, Banten, dengan koordinat 6,89 LS dan 104,97 BT. BMKG menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada terhadap isu-isu tidak dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, BMKG menekankan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana alam, termasuk gempa bumi.

Dampak gempa terasa di beberapa wilayah Banten, seperti Sumur, Labuan, dan Pandeglang. Warga melaporkan guncangan selama beberapa detik, namun belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa.

BMKG memberikan rekomendasi, antara lain, memahami potensi gempa di wilayah tempat tinggal, menyiapkan tempat berlindung, melakukan latihan kesiapsiagaan bersama keluarga atau komunitas, dan mengikuti informasi terkait potensi gempa dari BMKG. Dengan tindakan ini, risiko korban jiwa dan kerusakan akibat gempa dapat diminimalkan.