Berhasil Ditemukan13 Pendaki yang Tersesat Semalaman di Gunung Pangrango

Antar Daerah957 views

Inionline.id – Sebanyak 13 pendaki yang dilaporkan tersesat di Gunung Pangrango, Bogor, Jawa Barat, berhasil ditemukan dan sedang dalam proses evakuasi, pada Senin (29/1) pagi.

“Alhamdulillah semua survivor sudah ditemukan di Blok Pasir Pogor, Cibedug, Bogor,” ujar Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Sapto Aji Prabowo dalam keterangan tertulis.

Sapto memastikan seluruh pendaki yang dilaporkan hilang ditemukan dalam kondisi selamat. Hanya saja, ia menyebut mayoritas pendaki mengalami kelelahan dan dua orang mengalami luka terkilir di bagian kaki.

“Kondisi selamat, hanya 2 orang terkilir dan sebagian lain kelelahan. Mereka sedang dibawa ke Kantor Resort Tapos bersama tim SAR,” jelasnya.

Sebelumnya 13 pendaki dilaporkan tersesat di Gunung Pangrango, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/1). Tim SAR saat ini melakukan pencarian.

Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat membenarkan kejadian tersebut. Mereka dilaporkan tersesat sejak Minggu sore.

“Dari semalam, tadi malam sudah dilakukan pencarian dengan BPBD dan Polhut serta warga,” kata Agus.

Dihubungi terpisah, Staf Ratik BPBD Kabupaten Bogor Jalaludin mengatakan ada 13 orang pendaki yang dilaporkan tersesat di jalur pendakian.

“Informasinya 13 orang terbagi dua grup. Hari ini kami mulai susur,” kata Jalaludin.

Jalaludin mengatakan ke-13 orang tersebut dilaporkan tersesat sejak Minggu (28/1) kemarin sore. Salah satu pendaki sempat berkomunikasi terakhir dengan anaknya pada sore hari.

“Sempat ada komunikasi anak dan bapaknya, kan bapaknya yang naik,” katanya.