Sepanjang 2023 Man City Tak Terkalahkan di Etihad

Inionline.id – Manchester City menutup tahun dengan mengalahkan Sheffield United. Hasil ini menjaga kesempurnaan kandang The Citizens sepanjang 2023.

City menjamu Sheffield pada partai tutup tahun di Etihad Stadium, Sabtu (30/12/2023) malam WIB. City yang masih tanpa Erling Haaland memang tampil dominan sepanjang 90 menit.

Mereka bikin 18 attempts, tapi hanya empat yang mengarah ke gawang, sementara Sheffield punya empat attempts dengan dua on target. Dari empat on goal, City mencetak dua gol di masing-masing babak lewat Rodri pada menit ke-14 dan Julian Alvarez pada menit ke-61.

Hasil ini menempatkan City lebih dekat ke Liverpool di puncak Klasemen Liga Inggris dengan 40 poin dari 19 laga, selisih hanya dua angka. Kemenangan yang juga menjaga catatan mantap City di kandang sepanjang tahun ini.

City tidak terkalahkan di Etihad sepanjang tahun ini, yakni 25 menang dan tiga imbang, dari 28 pertandingan di seluruh ajang. City sudah melakukannya tiga kali setelah 2011 dan 2017. Liverpool pernah sekali melakukannya di 2019.

Yang menyenangkan untuk City adalah mereka akhirnya bisa mengoleksi clean sheet pertama sejak mengalahkan Manchester United 3-0 bulan Oktober. Setelah itu, City selalu kebobolan di delapan pertandingan beruntun.

“Clean sheet ini sangat penting – Kami kebobolan empat gol saat bertemu Chelsea dan banyak gol lainnya, tapi tidak banyak peluang lawan di laga ini. Maka itu nirbobol ini sangat penting,” ujar Manajer City Pep Guardiola di BBC Sport.

“Kami bermain sangat bagus – kami melakoni laga yang tidak mudah karena harus menyerang tim yang bertahan begitu dalam. Mereka kompak sekali dan tanpa Erling, kami kesulitan memaksimalkan umpan silang. Kami harus mencari ruang kecil. Mereka bergerak dengan kompak dan kami bermain solid. Kami tampil lebih baik di babak kedua, tapi kami ingin menjalani tahun baru dengan hasil bagus.”