Pembangunan Superblock Nusantara Senilai Rp3 T di IKN Diresmikan Langsung Jokowi

Berita557 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan proyek Superblock Nusantara senilai Rp3 triliun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jokowi mengatakan kawasan ini akan terdiri dari hotel bintang 5, hotel bintang 4, apartemen, pusat hiburan, dan sekolah internasional. Superblock Nusantara dibangun di atas lahan 7,5 hektare.

“Saya sangat senang karena ada investor dari Kalimantan Timur, investor dari Balikpapan, yang ikut berperan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara, dan investasinya gede, Rp3 triliun,” kata Jokowi di IKN, Rabu (20/12).

Dia berharap kawasan ini tak kalah bagus dengan pusat-pusat keramaian yang telah dibangun investor-investor Jakarta di IKN. Ia juga berharap Superblock Nusantara dibangun dengan konsep ramah lingkungan.

Jokowi meminta pengembang untuk merancang bangunan dengan konsep green building. Dia menugaskan arsitek Ridwan Kamil untuk mendampingi pembangunan tersebut.

“Saya titip saja satu, untuk desain green building, karena yang ingin kita bangun kawasan di seluruh Ibu Kota Nusantara ini adalah kawasan hijau, lingkungan hijau. Jadi, konsepnya berbeda dengan kota-kota yang ada di seluruh dunia,” ucap Jokowi.

Jokowi yakin SuperblockNusantara bisa menjadi daya tarik IKN di masa mendatang. Dia pun mengharapkan kawasan ini menjadi sumber lapangan pekerjaan di IKN.

Sebelumnya, Jokowi merencanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah proyek di IKN sebulan sekali.

Dia mengharapkan kebijakan ini dapat memacu investor untuk berbondong-bondong menanam modal di IKN.

Ini adalah gelombang ketiga groundbreaking proyek-proyek IKN. Jokowi menyebut total investasi yang sudah masuk mencapai Rp45 triliun.