KPU: Sama dengan Capres Format Debat Cawapres 22 Desember

Politik957 views

Inionline.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan format debat calon wakil presiden (cawapres) sama seperti debat perdana capres. Debat cawapres digelar pada 22 Desember.

“Kita sudah punya benchmark dari debat pertama. Sejauh ini, setahu saya benchmark itu akan dilanjutkan untuk digali lebih banyak terkait dengan tema dari masing-masing (debat),” kata Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos, Rabu (13/12).

Pada debat pertama capres, lama durasi berlangsung selama 150 menit. Debat dibagi menjadi enam segmen dengan total durasi 120 menit. Sisanya, pariwara.

Setiap calon dapat saling sanggah dalam 4 segmen, yaitu pada segmen 2, 3, 4, dan 5. Sementara pada segmen 1, khusus pemaparan visi dan misi. Adapun segmen ke-6 penyampaian pernyataan pemungkas setiap calon.

Betty mengungkapkan panelis telah menyusun pertanyaan untuk debat sesuai dengan tema dan kondisi Indonesia hari ini. Menurut Betty, fungsi panelis sangat signifikan di balik layar acara debat.

Tema yang akan dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

KPU belum memutuskan lokasi debat, apakah tetap di kantor KPUĀ atau ditempat lain.

Sebelumnya, KPU telah menggelar debat perdana capres dengan tema meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Debat itu diikuti oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Debat cawapres yang akan datang akan diikuti oleh Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.