KPU: Di Debat Capres-Cawapres YouTuber Boleh Diusulkan Jadi Moderator

Politik1057 views

Inionline.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbolehkan ketiga tim pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) mengusulkan Youtuber hingga kreator konten menjadi moderator debat Pilpres 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyatakan pada dasarnya salah satu kriteria moderator debat capres-cawapres adalah orang yang sudah terbiasa dengan kamera.

“Ya ada kemungkinan [bisa Youtuber, kreator konten, podcaster]. Intinya adalah teman-teman yang biasa tampil di publik dan sudah biasa menghadapi kamera,” kata Hasyim di Kantor KPU, Rabu (6/12).

Namun demikian, Hasyim menuturkan kriteria penting lainnya yang akan dipilih sebagai moderator, yaitu harus menguasai isu.

“Tentu saja itu [menguasai isu] jadi bahan pertimbangan. Dan durasinya ketika moderator bertanya atau memperdalam, itu kan tidak mengurangi masing masing porsi tadi, capres maupun cawapres ketika menjawab,” jelas dia.

Hasyim menjelaskan nantinya moderator akan memandu debat selama 120 menit. Akan ada dua moderator dalam satu agenda debat, perwakilan laki-laki dan perempuan.

“Masing-masing debat satu sampai debat kelima itu moderatornya ada dua orang, laki-laki dan perempuan. Ini sedang kita matangkan,” ujarnya.

Hasyim menyatakan KPU sebenarnya sudah menyiapkan nama-nama sebagai kandidat moderator. Namun, pihaknya belum bisa memutuskan karena menunggu usulan dari ketiga paslon terlebih dahulu.

“KPU juga sudah menyiapkan nama-nama usulan untuk moderator. Jadi moderator itu nanti yang akan memimpin atau memoderasi debat capres-cawapres itu,” ucap dia.

“Kita juga sudah minta usulan dari tim pasangan 1,2, dan 3 sama dengan putusan tim panelis tadi, maksimal disampaikan ke KPU maksimal besok hari Jumat tanggal 8 Desember 2023,” imbuhnya.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan debat capres-cawapres akan digelar sebanyak 5 kali. Debat perdana akan dilaksanakan pada 12 November 2023.

Adapun tema debat yang telah ditetapkan:

DEBAT I SELASA, 12 DESEMBER 2023
Tema: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi

DEBAT II JUMAT, 22 DESEMBER 2023
Tema: Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional

DEBAT III MINGGU, 7 JANUARI 2024
Tema: Ekonomi (kerakyatan dan digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, serta Infrastruktur

DEBAT IV MINGGU, 21 JANUARI 2024
Tema: Energi, SDA, SDM, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat

DEBAT V MINGGU, 4 FEBRUARI 2024
Tema: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan dan Kebudayaan, Kesehatan (Post Covid Society), dan Ketenagakerjaan.